Hal yang Sebaiknya Tidak Dicantumkan di Profil Aplikasi Kencan

Oleh: Endah Murniaseh - 22 Oktober 2020
Dibaca Normal 1 menit
Berikut adalah hal-hal yang sebaiknya tidak Anda cantumkan pada profil aplikasi kencan agar tetap aman.
tirto.id - Aplikasi kencan online saat ini banyak digunakan masyarakat untuk mendapatkan teman atau pasangan. Sebab, menurut studi terbaru YouGov yang dilansir Elit Daily menunjukkan, 49 persen orang dewasa pernah menggunakan aplikasi kencan guna menemukan pasangan.

Sama dengan media sosial lainnya, penggunaan aplikasi kencan pun tidak boleh sembarangan. Pengguna harus membatasi hal-hal yang bersifat sangat pribadi. Tujuannya, untuk menghindari potensi kejahatan digital.

Berikut adalah hal-hal yang sebaiknya tidak Anda cantumkan pada profil aplikasi kencan agar tetap aman saat menggunakannya, demikian seperti dilansir dari Life Wire.

1. Gambar dengan Geotag

Keberadaan gambar atau foto profil sangatlah penting untuk memperlihatkan siapa pemilik akun tersebut. Namun, jangan gunakan Geotag pada foto Anda, hal ini dapat dimanfaatkan oleh penjahat untuk menemukan lokasi dimana anda berada.

Meskipun beberapa aplikasi telah menghapus fitur ini, namun untuk cara yang lebih aman, hapuslah Geotag sebelum Anda mengunggahnya. Ataupun Anda dapat mematikan fitur ini pada ponsel anda.

2. Nomor telepon

Mencantumkan nomor telepon pada media sosial sangatlah berbahaya. Kemungkinan Anda akan dihubungi orang yang tidak bertanggung jawab serta pengiriman pesan yang bersifat spam dapat terjadi.

Dengan adanya fitur chat di aplikasi sudah cukup bagi Anda untuk dapat menggunakan aplikasi kencan dengan aman.

3. Alamat tempat tinggal

Pada aplikasi kencan, terdapat fitur dimana pengguna dapat menunjukkan lokasi dimana para penggunanya tinggal. Sebaiknya, jangan gunakan fitur ini, karena berpotensi mendapat gangguan keamanan seperti perampokan jika Anda tidak berada di rumah. Cukup cantumkan nama kota dimana Anda tinggal.

4. Informasi tentang pekerjaan

Sebaiknya, jangan cantumkan informasi pekerjaan pada aplikasi ini karena bisa dimanfaatkan oleh para penipu untuk menguntit ataupun melakukan peretasan kepada anda.

5. Foto keluarga

Selain menyalahi privasi orang lain, penggunaan foto keluarga pada aplikasi kencan dapat dimanfaatkan orang tidak bertanggung jawab untuk melancarkan aksi penculikan digital. Dalam hal ini, foto anggota keluarga Anda dapat dimanfaatkan untuk kepentingan mereka yang bisa saja melanggar hukum.

Jika terdapat situasi dimana anda harus mengunggah foto keluarga, memburamkan wajah anggota keluarga yang lain merupakan salah satu hal antisipasi yang dapat dilakukan.

6. Alamat email

Surat elektronik atau email menjadi salah satu media yang banyak digunakan di era digital. Namun, jika Anda menambahkan alamat email ke aplikasi kencan, maka potensi Anda akan mendapatkan spam, pelecehan hingga penipuan phising akan semakin besar.

Anda dapat menggunakan fitur chat untuk berkomunikasi dengan pengguna lain ataupun menyediakan email khusus untuk aplikasi kencan.

7. Informasi tentang dimana Anda menempuh pendidikan

Menambahkan latar belakang pendidikan serta lokasi dimana Anda menempuh pendidikan dapat dimanfaatkan oleh para penjahat sebagai batu loncatan untuk menemukan sosial media Anda lainnya ataupun informasi pribadi Anda.


Baca juga artikel terkait KENCAN ONLINE atau tulisan menarik lainnya Endah Murniaseh
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Endah Murniaseh
Penulis: Endah Murniaseh
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight