Hadiri Pelantikan Jokowi, Airlangga 'Kabur' Ditanya Kabinet Baru

Oleh: Fadiyah Alaidrus - 20 Oktober 2019
Airlangga enggan menjawab pertanyaan wartawan apakah dirinya akan masuk ke kabinet baru Jokowi.
tirto.id - Menteri Perindustrian Kabinet Joko Widodo-Jusuf Kalla 2014-2019, Airlangga Hartarto, menghadiri acara pelantikan pelantikan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin (Jokowi-Ma'ruf) hari ini (20/10/2019).

Tiba pukul 13.31 WIB. Ia mengenakan jas hitam dan langsung berjalan memasuki lift dan enggan menanggapi pertanyaan apakah dirinya akan kembali masuk dalam kabinet.

Ia haya menyampaikan harapannya terkait pelantikan tersebut.

"Harapannya semua lancar dan sukses. Pokoknya harapannya semua lancar dan sukses," tegas Airlangga saat berjalan memasuki Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019).

Selain Airlangga, mantan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia dalam kabinet Jokowi Jusuf Kalla Yasonna Hamonangan Laoly yang telah hadir lebih dahulu.

Laoly menyampaikan bahwa dirinya akan senang-senang saja jika dijadikan menteri kembali oleh Joko Widodo dalam kabinet pemerintahan selanjutnya.

"Kita senang-senang saja," kata Yasonna saat ditemui di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019).

Padahal, Yasonna telah mengundurkan diri dari kabinet dan posisinya sebagai Menkopolhulam karena terpilih sebagai anggota DPR 2019-2024.

Joko Widodo dan Ma'ruf Amin akan dilantik oleh MPR sebagai presiden dan wakil presiden RI periode 2019-2024. Hal ini ditandai dengan pengucapan sumpah jabatan oleh keduanya dan penandatanganan berita acara pelantikan yang dilaksanakan hari ini, Minggu (20/10/2019).

Rencanannya, acara dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pelantikan dan penyerahan berita acara itu kepada Jokowi-Ma'ruf Amin. Selain itu, ada penyerahan kekuasaan simbolik, yaitu Jokowi dipersilakan duduk di kursi presiden dan Ma'ruf Amin duduk di kursi wapres menggantikan Jusuf Kalla.

Pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih akan disaksikan sebanyak 711 Anggota MPR 2019 2024. Diagendakan akan hadir pula Wakil Presiden Jusuf Kalla, Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri, dan Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).



Baca juga artikel terkait PELANTIKAN PRESIDEN 2019 atau tulisan menarik lainnya Fadiyah Alaidrus
(tirto.id - Politik)

Reporter: Fadiyah Alaidrus
Penulis: Fadiyah Alaidrus
Editor: Hendra Friana
DarkLight