Habibie Wafat, Jokowi Sampaikan Duka Cita

Oleh: Fadiyah Alaidrus - 11 September 2019
Dibaca Normal 1 menit
B.J. Habibie meningal dunia di RSPAD Gatot Soebroto.
tirto.id - Presiden Joko Widodo datang bersama istrinya, Iriana Jokowi, serta anaknya, Gibran Rakabumi ke RSPAD Gatot Soebroto. Mulanya ia datang hendak menjenguk Presiden RI ketiga tersebut, tapi Jokowi tiba 5 menit setelah Habibie meninggal.

"Saya sampai ke sini, lima menit sebelumnya beliau sudah tidak ada, tapi tiga hari lalu saya juga menengok beliau, tapi juga sama, tidak bisa berbicara dengan beliau karena memang kondisi sakit beliau," kata Jokowi saat ditemui di RSPAD, Jalan Abdul Rahman Saleh Raya, Senen, Jakarta Pusat, pada Rabu (11/9/2019) malam.

Jokowi pun menyampaikan duka atas kematian Habibie. "Innalillahi, perkenankan saya atas nama seluruh rakyat indonesia dan pemerintah menyampaikan duka yang mendalam, menyampaikan bela sungkawa yang mendalam atas berpulangnya ke rahmatullah Bapak Prof BJ Habibie," ujarnya.

"Beliau berpulang ke rahmatullah dalam usia 83 tahun dan nantinya dari rumah sakit Gatot Subroto akan dibawa ke rumah duka beliau di Kuningan," lanjutnya.

Jokowi juga menyampaikan doa agar keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan, diberikan kesabaran, dan bisa melanjutkan apa yang dicita-citakan oleh Habibie semasa hidupnya.

"Bapak Habibie kita kenal sebagai seorang ilmuwan pastinya dan juga Bapak Teknologi Indonesia, serta beliau adalah presiden RI yang ke-3," ujar Jokowi.

"Beliau selalu setiap persoalan persoalan yang ada di negara kita baik yang terkait ekonomi, kebangsaan, beliau selalu langsung menyampaikan solusinya, jalan keluarnya. Kadang sering beliau datang ke Istana ataupun saya yang datang ke rumah Pak BJ Habibie. Saya kira beliau ada seorang negarawan yang patut kita jadikan contoh dan suri tauladan dalam kehidupan," pungkasnya.

Di sisi lain, Thareq Kemal Habibie, anak dari Presiden Indonesia ketiga BJ Habibie, telah menyampaikan keterangan resmi bahwa ayahnya telah meninggal dunia.

"Ayah saya, Presiden RI ketiga, telah meninggal pukul 18.03, innalillahi wainailaihi," ujar Thareq saat ditemui di RSPAD, Jalan Abdul Rahman Saleh Raya, Senen, Jakarta Pusat, pada Rabu (11/9/2019) malam.

"Alasan kenapa meninggal, sudah menua. Dan memang saya katakan kondisinya memang sudah gagal jantung," lanjutnya.

Di hari yang sama, terdapat sejumlah tokoh yang turut menjenguk, antara lain, Presiden Joko Widodo, Plt Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa, Tanjung Akbar, serta Quraish Shihab dan anaknya, Najwa Shihab.

Selama masa perawatan di RSPAD Gatot Soebrooto, sejumlah tokoh sempat menjenguk Habibie, seperti Presiden Joko Widodo, Mantan Ketua MK Hamdan Zoelva, Plt Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa, serta Quraish Shihab.

Rencananya jenazah Habibie akan disemayamkan di rumah duka di Blok L15/7, Jl. Patra Kuningan XIII Blok L15/7 No.5 Jakarta Selatan.

Baca juga artikel terkait BJ HABIBIE atau tulisan menarik lainnya Fadiyah Alaidrus
(tirto.id - Politik)

Reporter: Fadiyah Alaidrus
Penulis: Fadiyah Alaidrus
Editor: Widia Primastika
DarkLight