tirto.id - Bulan suci Ramadan adalah bulan yang paling ditunggu oleh seluruh umat Muslim di dunia. Namun, tahun ini Ramadan akan hadir dengan nuansa yang berbeda, seiring masyarakat Indonesia harus tetap diam di rumah untuk menghentikan penyebaran COVID-19.
Untuk merayakan kebersamaan dan mengantarkan kehangatan Ramadan bagi semua masyarakat sambil tetap menjaga jarak aman, Grab, telah meluncurkan kampanye nasional tanpa kontak (contactless) pertama di Indonesia, #SiapAntarRamadanmu.
“Tidak bisa dipungkiri bahwa sejak diberlakukan aturan physical distancing dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Indonesia, masyarakat Indonesia dituntut untuk bisa beradaptasi dengan the new normal. Dan kini, kita harus siap beradaptasi khususnya di bulan Ramadan yang biasanya identik dengan kegiatan-kegiatan di luar rumah. Namun, hal ini bukan menjadi hal yang mengurangi semangat kami untuk memberikan layanan terbaik kepada pelanggan dan mitra kami. Melalui kampanye #SiapAntarRamadanmu ini, kami ingin pelanggan tetap merasakan kebahagiaan Ramadan seperti biasanya dengan cara yang lebih aman,” jelas Neneng Goenadi selaku Managing Director Grab Indonesia, dalam rilis yang diterima Tirto, Kamis (24/4/2020).
Merchant lokal GrabFood tetap berbisnis dan #SiapAntarBerjutaMenu dengan layanan GrabFood
Untuk membantu pelanggan dalam persiapan sahur dan buka puasa serta menggerakkan industri makanan dan minuman selama Ramadan, GrabFood meluncurkan berbagai fitur dan aktivitas baru.
“GrabFood terus berinovasi untuk memberikan pengalaman kuliner terbaik untuk menciptakan makna kebersamaan dalam Ramadan bagi para pelanggan. Momen kebersamaan Ramadan yang hangat, terutama saat sahur dan berbuka, menjadi landasan kami dalam merancang berbagai program GrabFood #SiapAntarBerjutaMenu. Kami harap inisiatif-inisiatif ini tidak hanya menemani pelanggan selama menjalankan ibadah bulan suci di rumah, tapi juga berkontribusi dalam menjaga roda ekonomi untuk tetap berputar lewat dukungan kami terhadap usaha kuliner lokal di tanah air,” ungkap Hadi Surya Koe, Head of Marketing GrabFood, Grab Indonesia.
Fitur terbaru ‘Pesanan Terjadwal’ di GrabFood akan memberikan fleksibilitas kepada pelanggan untuk mengatur waktu pemesanan sesuai kebutuhan mulai dari dua jam hingga dua hari sebelumnya.
GrabFood juga meluncurkan Bukber Maya rangkaian acara interaktif yang melibatkan sejumlah publik figur yang akan distreaming secara live kepada pelanggan.
Melalui Bukber Maya, GrabFood berharap untuk membawa kebahagiaan kepada keluarga selama berbuka puasa, sembari mendukung mitra merchant lokal. Sementara itu, santapan khas bulan suci yang dihadirkan industri kuliner lokal akan dihadirkan melalui Pasar Ramadan Online dan Paket Beduk Ramadan GrabKitchen di aplikasi GrabFood.
Dalam semangat berbagi bagi komunitas, pelanggan di tanah air juga dapat berbagi kebahagiaan dan mengungkapkan apresiasi kepada mitra pengantaran GrabFood dengan memesan menu khusus mitra pengantaran yang disediakan para mitra merchant GrabFood.
Hingga saat ini, lebih dari 3,000 mitra merchant GrabFood telah berpartisipasi dalam inisiatif ini dengan lebih dari 300,000 menu makanan telah dibeli pelanggan untuk mitra pengantaran GrabFood.
Dengan keselamatan menjadi prioritas utama, sebagai langkah pencegahan, GrabFood bersama dengan para mitra merchant juga telah meningkatkan Standar Keamanan Terpadu untuk Layanan Pesan-antar Makanan yang mencakup penerapan prosedur keamanan dan kebersihan makanan yang lebih ketat mulai dari tahap penyiapan bahan makanan, pengemasan hingga pengiriman yang ditandai dengan ikon berupa temperatur dan perisai.
Selain mitra merchant, semua mitra pengantaran juga disarankan untuk teratur menjalankan praktik kebersihan, seperti selalu mencuci tangan dan membersihkan tas pengantaran mereka dengan desinfektan secara teratur sebelum dan setelah mengantarkan pesanan.
GrabFood juga membagikan 15,000 tas khusus yang dilengkapi insulator untuk menjaga kualitas dan temperatur makanan dan minuman kepada mitra pengantaran terpilih di Jabodetabek, Bandung, dan Surabaya secara gratis.
#SiapAntarBelanjaan: Memastikan Masyarakat Indonesia Memiliki Akses Terhadap Kebutuhan Sehari-hari Lewat GrabMart
Untuk memastikan seluruh masyarakat Indonesia memiliki akses terhadap kebutuhan mendasar mereka, terutama di bulan Ramadan, Grab telah mengekspansi layanan GrabMart, sebuah layanan pengantaran on-demand untuk kebutuhan sehari-hari.
GrabMart diluncurkan di Jakarta pada tanggal 27 Maret dan telah menjangkau 11 kota di Indonesia; Bali, Surabaya, Medan, Bandung, Makassar, Manado, Palembang, Semarang, Yogyakarta, Lampung dan Manado.
#SiapAntarSilahturahmi: GrabExpress mendukung pengiriman parsel selama Ramadan
Mengirimkan parsel adalah tradisi Ramadan yang bermakna. Maka GrabExpress meluncurkan Paket Pengiriman Ramadan: sebuah paket berlangganan yang hemat untuk pengiriman barang.
Sebagai tambahan, fitur seperti pengiriman luar kota dan pemesanan via Whatsapp akan dapat membantu pemenuhan kebutuhan masyarakat selama Ramadan saat mereka melanjutkan aktivitasnya di rumah saja.
Tyas Widyastuti as Head of GrabExpress, Grab Indonesia menambahkan, “Kami juga telah meluncurkan GrabAssistant; Layanan concierge on-demand milik Grab dimana pelanggan dapat meminta bantuan mitra pengantaran untuk menangani kebutuhan mendesak atau membeli beragam produk di toko-toko apapun yang diinginkan pelanggan. Pembayaran dilakukan kepada mitra pengantaran setelah barang tiba di tujuan.”
#SiapAntarKedekatan dan #SiapAntarKemudahan: Membantu masyarakat Indonesia tetap dekat dengan sanak saudara walau terpisah secara jarak
Untuk membantu masyarakat Indonesia tetap terhubung satu sama lain saat mereka tidak bisa bertemu secara fisik, Grab menyediakan penawaran spesial yang meliputi pembelian pulsa dan paket data meliputi Telkomsel, Indosat, XL, Axis, Tri & Smartfren.
Beberapa paket data pilihan yang direkomendasikan selama bulan Ramadan ini termasuk:
Telkomsel – Paket Single Zone 4.5GB, Paket Data Rp50.000 dan Data 12GB + 2GB OMG!
Tri – Paket Mix Small 3GB 24jam dan Mix Small 2.75GB
Axis/XL – Paket Bronet Owsem 1GB + 1GB (4G), Paket Xtra Combo 5GB (2G/3G/4G) + 5GB (YouTube) dan Paket Xtra Combo 10GB (2G/3G/4G) + 10GB (YouTube)
Smartfren – Paket Unlimited Rp75.000
Indosat – Paket New Freedom 8GB
Sebagai tambahan, karena mudik tidak diperbolehkan tahun ini, GrabKios telah menghadirkan solusi bagi pelanggan untuk dapat mengirimkan uang THR ke sanak saudara di kampung halaman lewat warung GrabKios terdekat dari rumah.
Pelanggan dapat dengan mudah mencari lokasi warung GrabKios terdekat dan informasi tersebut akan segera bisa diakses mulai tanggal 5 Mei di widget aplikasi Grab.
Mereka hanya perlu menghubungi nomor telepon yang tertera untuk memberikan informasi alamat rumah dan rekening bank tujuan, dan mitra GrabKios akan datang ke rumah untuk mengambil uang tunai yang akan dikirimkan ke keluarga.
Mitra GrabKios akan memastikan transaksi tanpa kontak dengan pelanggan dan menyiapkan wadah yang aman untuk menyimpan uang tunai dari pelanggan.
Fitur Kirim Uang ini bisa melakukan transfer ke semua rekening bank. Kerabat di kampung halaman pun tetap bisa merasakan kebahagiaan yang telah dibagikan walaupun tidak saling bertatap muka.
“Sejalan dengan misi GrabForGood, kampanye #SiapAntarRamadanmu kami hadirkan untuk selalu mendukung kebutuhan para pengguna melalui setiap inovasi teknologi yang kami hadirkan. kami berusaha mengantarkan Ramadan bagi mereka melalui kesempatan untuk meraih pendapatan selama masa Ramadan, tidak hanya bagi pelanggan kami, tetapi juga bagi mitra merchant dan juga mitra pengantaran. Grab ingin masyarakat Indonesia tetap bisa meraih kemenangan di tengah pandemi COVID-19 ini dan mengantarkan kebahagiaan Ramadan ke rumah mereka. Keluarga besar Grab mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa bagi seluruh umat Muslim di Indonesia,” tutup Neneng.
Penulis: Yandri Daniel Damaledo
Editor: Agung DH