Google Segera Rilis Sistem Operasi Android 13 dan Daftar Fiturnya

Kontributor: Nurul Azizah, tirto.id - 20 Jul 2022 16:26 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Google akan rilis Android 13 yang saat ini memasuki tahap uji coba.
tirto.id - Google akan segera merilis sistem operasi Android 13. Saat ini Google sedang melakukan uji coba operasi Android 13 Beta dan hanya beberapa ponsel yang dapat melakukan uji coba ini.

Pembaruan ini mengusung perbaikan untuk permasalahan pada Pixel (smartphone produksi Google) yang tidak dapat terhubung ke jaringan Wi-Fi yang telah dikenal dan tersimpan.

Menurut laman Google, deretan perangkat yang dapat melakukan uji coba Android 13 Beta 4, sebagai berikut:

1. Pixel 4

2. Pixel 4 XL

3. Pixel 4a

4. Pixel 4a (5G)

5. Pixel 5

6. Pixel 5a

7. Pixel 6

8. Pixel 6 Pro

Sistem Operasi Android



Google telah mengumumkan akan merilis versi Android 13 setelah pada Juli 2022 mengeluarkan pembaruan terakhir untuk versi beta Android 13. Dikutip dari laman Antara, Director Android Develpoer Relations Maru Ahues Bouza menyatakan pembaruan terakhir merupakan versi Beta ke-4.

Versi terbaru, yakni Android 13 Beta 4 hanya dapat dicoba oleh pengguna perangkat Pixel dan beberapa seri dari jenama ponsel yang terpilih, misalnya Oppo Find X50 dan Realme GT 2 Pro. Pembaruan ini mencakup fitur privasi terkait izin notifikasi dan pemilih otomatis foto. Selain itu, ada pula fitur produktivitas seperti ikon-ikon aplikasi bertema dan dukungan bahasa untuk masing-masing aplikasi.

Peningkatan fitur standar modern turut menjadi nilai plus dari sistem baru. Adapun fitur yang dimaksud, yakni video HDR, bluetooth LE audio, dan MIDI 2.0 melalui USB. Pihak Maru juga menyatakan telah memperluas pembaruan.

“Kami juga telah memperluas pembaruan yang kami buat dalam 12L, memberi Anda fitur yang lebih baik untuk memanfaatkan tablet dan perangkat layar besar.”

Sementara itu, pengujian di Android 13 Beta 4 secara keseluruhan berupaya memastikan aplikasi-aplikasi dapat kompatibel dengan sistem operasi terbaru besutan Google. Sistem operasi yang resmi dan stabil dijanjikan segera dirilis dalam beberapa pekan ke dalam meskipun belum diinformasikan tanggal detail dari perilisan sistem tersebut.

Uji Coba Android 13


Apabila Anda sudah mendaftar ke Program Android 12 Beta, Anda akan menerima rilis terkait update software bulanan Pixel untuk bulan Juni. Setelah menerapkan update publik, Anda dapat keluar dari program tanpa harus menghapus data secara total.

Selanjutnya jika pengguna ingin melakukan pengujian beta, Anda bisa mendaftar ke program Android 13 beta dengan mengeluarkan perangkat dari Android 12 beta sebelum mendaftarkannya ke Android 13 beta. Perangkat yang terdaftar di Android 12 beta tidak akan otomatis menerima rilis Android 13 beta sehingga perlu pendaftaran program baru.

Menurut laman Google, pengguna dapat berpartisipasi dengan mengikuti beberapa langkah. Anda harus login ke Akun Google untuk melihat daftar perangkat yang memenuhi syarat. Apabila Anda mendaftarkan perangkat, Anda akan diminta untuk memilih program beta yang ingin diikuti.

Setelah memilih ikut serta dan menerima Persyaratan Layanan Program Beta Android, Anda dapat mulai memberikan pendapat kepada Google langsung dari perangkat dan dengan bergabung ke komunitas Reddit Program Beta Android.

Update yang akan diterima sebagai bagian dari program beta adalah versi pra-rilis serta mungkin akan berhadapan dengan error sehingga memengaruhi fungsi normal perangkat.


Baca juga artikel terkait ANDROID 13 atau tulisan menarik lainnya Nurul Azizah
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Nurul Azizah
Penulis: Nurul Azizah
Editor: Yantina Debora

DarkLight