Golkar, PAN dan PPP Usung Koalisi Bertiga Bersatu di 2024

Reporter: Irfan Amin - 13 Mei 2022 13:31 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Golkar, PAN dan PPP sepakat mengenyahkan politik identitas di Pemilu 2024.
tirto.id - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan Suharso Monoarfa dan Ketua Umum Partai Amanat Nasional Zulkifli Hasan berkumpul di Rumah Heritage, Menteng, Jakarta Pusat pada Kamis 13 Mei 2022 malam.

Momen para ketua umum berkumpul diabadikan di masing-masing akun media sosial dengan foto saling bersulang.

Menurut Airlangga, mereka bertiga berkumpul dalam rangka konsolidasi dan membangun komunikasi politik. Harapannya ada satu konsep politik yang dilakukan secara bersama dengan hasil kajian mendalam dan tidak tergesa-gesa.

"Partai Golkar, PPP, dan PAN bertekad membangun komunikasi dan budaya politik baru. Yakni, politik yang dibangun dengan kerja sama, secara berjenjang dan bertahap, didasari deliberasi dan hasil kajian yang mendalam. Bukan kerja sama yang dilakukan secara terburu-buru, instan dan singkat," kata Airlangga dikutip dari akun Facebooknya pada Jumat (14/5/2022).

Airlangga juga menekankan ketiga partai sepakat dalam pemilu kedepan tidak ada lagi politik identitas.

"Komitmen kita adalah kebutuhan dan kesadaran untuk senantiasa memperkuat persatuan dan kemaslahatan bangsa. Ketegasan terkait hal ini dilandasi oleh pemahaman atas berbagai resiko dan konsekuensi akibat munculnya politik identitas," ujarnya.

Dirinya juga menyebut bahwa dari hasil pertemuan, para elite politik ini sepakat untuk terus mendukung jalannya roda politik Presiden Joko Widodo hingga akhir masa jabatannya di 2024.

"Dalam pertemuan ini, kami sepakat untuk mengawal agenda politik ke depan. Kerja sama dilakukan tentunya juga dalam rangka mendukung, menopang dan mengawal suksesnya pemerintahan dan kepemimpinan Bapak Presiden Joko Widodo hingga tahun 2024 mendatang," ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan Zulkifli Hasan yang menjelaskan bahwa mereka menyepakati mimpi bersama mengenai Indonesia. Termasuk mengenai koalisi politik 2024 yang harus ditata sejak dini.

"Hari ini saya berjumpa dengan Pak Airlangga Hartarto dari Partai Golkar dan Pak Suharso Monoarfa dari PPP. Kami sepakat membangun koalisi gagasan. Koalisi untuk membangun Indonesia dengan pikiran, dengan nilai, dengan semangat, dan impian-impian besar," jelasnya.

"Tentu untuk mewujudkannya perlu kebersamaan. Semangat kebersamaan ini penting untuk Indonesia hari ini. Semangat bersatu dan bergandengan tangan. Kita harus menghindari perpecahan, apalagi permusuhan yang saling meniadakan," imbuhnya.

Ketiganya sepakat dengan asas dari masing-masing partai bahu membahu dalam setiap kegiatan politik yang akan datang.

"Inilah semangat 'Bertiga dan Bersatu'. Pohon Beringin disinari matahari, akan tumbuh dan menghijau. Koalisi memperkuat persatuan untuk melanjutkan pembangunan, demi mencari ridho Allah SWT," kata mereka bertiga dengan kompak.


Baca juga artikel terkait PEMILU 2024 atau tulisan menarik lainnya Irfan Amin
(tirto.id - Politik)

Reporter: Irfan Amin
Penulis: Irfan Amin
Editor: Fahreza Rizky

DarkLight