Gibran Rakabuming Ikuti Uji Kelayakan Pilkada Solo di DPP PDIP

Oleh: Mohammad Bernie - 10 Februari 2020
Gibran tak memberikan keterangan kepada awak media sebelum memasuki kantor DPP PDIP.
tirto.id - Tiga bakal calon Wali Kota Solo yakni Gibran Rakabuming Raka, Achmad Purnomo, dan Teguh Prakosa tiba di kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Senin (10/2/2020).

Ketiganya bakal menjalani uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) tahap kedua seleksi calon Wali Kota Solo pada Pilkada 2020.

Berdasarkan pantauan reporter Tirto, Gibran tiba di kantor DPP PDIP sekitar pukul 12.56 WIB. Dengan mengenakan kemeja merah, putra Presiden Joko Widodo itu langsung masuk ke kantor DPP PDIP tanpa memberi keterangan kepada awak media.

Sementara itu, dua bakal calon lainnya yakni Achmad Purnomo dan Teguh Prakosa datang bersamaan pukul sekitar pukul 12.15 WIB. Sama seperti Gibran, keduanya langsung masuk ke kantor DPP PDIP.

Ketua DPP Badan Pemenangan Pemilu PDIP, Bambang Wuryanto menyebut ada beberapa hal yang akan diuji dari bakal calon Wali Kota Solo. Ia mengatakan diantaranya yakni kecocokan menjadi bakal calon Wali Kota Solo, kompetensi, dan menanggapi isu dengan cara pandang yang berbeda.

"Misalnya gimana cara memandang masalah pokok di Kota Solo itu apa, dan seterusnyalah. Gimana kalau seandainya jadi. Ya itu normal aja lah seperti biasa lah," kata Bambang.

Bambang juga membenarkan proses seleksi juga menyertakan hasil survei elektabilitas ketiga kader selama beberapa waktu terakhir. Namun, hal itu tidak akan disampaikan kepada setiap bakal calon.

"Ada lah hasil survei. Apakah nanti ditunjukkan kepada para bakal calon? Jawaban saya, tidak," kata dia.

"Karena kalau di Solo ini survei itu kan pergerakannya sangat dinamik. Kenapa? Karena warga Solo adalah warta yang sangat care terhadap urusan politik," tambahnya.


Baca juga artikel terkait PILKADA 2020 atau tulisan menarik lainnya Mohammad Bernie
(tirto.id - Politik)

Reporter: Mohammad Bernie
Penulis: Mohammad Bernie
Editor: Gilang Ramadhan
DarkLight