Gempa Kupang Hari Ini Guncang Wilayah NTT: Magnitudo 5,9

Oleh: Addi M Idhom - 15 Januari 2020
Gempa Kupang hari ini terjadi dengan Magnitudo 5,9. Guncangan akibat gempa ini dirasakan di sejumlah kota dan kabupaten di NTT.
tirto.id - Gempa hari ini mengguncang kawasan Kota Kupang dan sejumlah daerah lain di Nusa Tenggara Timur (NTT) pada pukul 14.55 WIB, Rabu, 15 Januari 2020.

Data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan gempa ini terjadi dengan Magnitudo 5,9.

BMKG menginformasikan lokasi pusat gempa ini di laut, pada koordinat 10.53 LS dan 124.11 BT, atau sekitar 64 km arah Tenggara Kota Kupang, ibu kota NTT. Adapun kedalaman pusat gempa Kupang hari ini, hanya 10 kilometer.

Guncangan akibat gempa ini dirasakan di sejumlah daerah di NTT. Di kawasan Kota Kupang, guncangan gempa ini terasa dalam skala II-III MMI.

Guncangan dengan skala MMI yang sama dirasakan di Kabupaten Kupang dan Timor Tengah Selatan. Sedangkan di Kabupaten Timor Tengah Utara, guncangan akibat gempa ini dirasakan dengan skala II MMI.

Skala II MMI menunjukkan bahwa getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Sedangkan Skala III MMI berarti guncangan dirasakan nyata dalam rumah dan terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Jika merujuk pada data hasil pantauan U.S. Geological Survey (USGS), kekuatan gempa Kupang hari ini ialah M5,5. Data USGS menunjukkan pusat gempa tersebut berada pada jarak 61 km arah timur tenggara Kota Kupang, dengan kedalaman 10 km.

Tidak lama setelah gempa Kupang terjadi, guncangan lain juga muncul di kawasan Papua, pada hari ini. Gempa dengan magnitudo 5,1 terjadi di dekat Kabupaten Sarmi, Provinsi Papua pada pukul 15.25 WIB.

BMKG mengumumkan pusat gempa ini berada di koordinat 1.70 LS dan 138.90 BT, atau sekitar 23 km arah Timur Laut Kabupaten Sarmi. Gempa ini juga berpusat di laut di kedalaman 10 km.

BMKG menyatakan gempa Sarmi hari ini tidak berpotensi tsunami.


Baca juga artikel terkait GEMPA atau tulisan menarik lainnya Addi M Idhom
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Addi M Idhom
Editor: Agung DH
DarkLight