Gempa Hari Ini Terasa di Sangihe: Magnitudo 6,9 & Pusat di Mindanao

Oleh: Addi M Idhom - 15 Desember 2019
Gempa dengan kekuatan M6,9 hari ini terjadi dengan pusat di Mindanao, Filipina. BMKG melaporkan getaran akibat gempa ini dirasakan hingga Sangihe, Sulawesi Utara.
tirto.id - BMKG melaporkan gempa kuat hari ini terjadi dengan guncangan terasa di Sangihe, Sulawesi Utara, pada Minggu, 15 Desember 2019, sekitar pukul 13.11 WIB.

Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut terasa di Sangihe dengan skala II-III MMI.

Artinya, di Sangihe, getaran akibat gempa tersebut dirasakan oleh beberapa orang hingga benda-benda ringan yang digantung bergoyang (II MMI), atau terasa nyata dalam rumah seakan-akan ada truk berlalu (III MMI).

Kekuatan gempa hari ini mencapai Magnitudo 6,9. Adapun pusat gempa berada pada koordinat 6.61 LU dan 125.23 BT, tepatnya berjarak 331 km arah barat laut Kecamatan Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara.

BMKG menginformasikan gempa M6,9 ini berpusat di darat dengan kedalaman 33 kilometer.

Sementara sesuai data laman Inatews BMKG, pusat gempa bumi kuat tersebut lebih tepatnya berada di daratan Pulau Mindanao, atau dekat wilayah Kota Digos dan Koronadal, Filipina.





Baca juga artikel terkait GEMPA atau tulisan menarik lainnya Addi M Idhom
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Addi M Idhom
Editor: Agung DH
DarkLight