Menuju konten utama

Ganjar Bertemu Megawati, Bahas Mudik hingga Amicus Curiae MK

Ganjar dan Megawati berharap dengan putusan pekan depan terkait sengketa pemilu bisa mengembalikan kembali marwah MK.

Ganjar Bertemu Megawati, Bahas Mudik hingga Amicus Curiae MK
Calon Presiden Ganjar Pranowo berorasi di sela dialog dengan buruh tani dan nelayan di Taman Marakas Pondok Ungu, Babelan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Kamis (14/12/2023)ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/foc.

tirto.id - Calon presiden nomor urut 03, Ganjar Pranowo menemui Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, di kediaman Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat, Selasa (16/4/2024). Pertemuan antara Ganjar dan Megawati pertama kalinya terjadi usai Lebaran 2024.

Namun, kali ini mantan Gubernur Jawa Tengah tersebut tidak didampingi istrinya, Atikoh maupun anaknya, Alam.Ganjar menuturkan dalam pertemuan yang berlangsung 45 menit itu berbicara terkait mudik hingga membahas Megawati yang mengirim amicus curiae ke Mahkamah Konstitusi. Harapan untuk MK pun dibahas dalam pertemuan tersebut.

"Ngobrol anu aja, umum, cerita mudik, cerita ketemu masyarakat 'piye masyarakat di daerah' terus ngobrol yang lain, cerita tulisan ibu di kompas, hari ini ibu kirim amicus curiae," kata Ganjar usai bertemu Megawati di Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat, Selasa (16/4/2024).

Lebih lanjut, Ganjar dan Megawati berharap dengan putusan pekan depan terkait sengketa pemilu bisa mengembalikan kembali marwah MK. Mereka pun berharap demokrasi bisa ditegakan. Tidak hanya itu, dia mengakui akan hadir langsung saat pembacaan putusan dengan harapan ada titik terang.

"Dari kondisi MK yang selama ini menjadi cacian, makian, ya dengan stempel-stempel yang kurang baik dengan putusan MKMK rasanya inilah momentum untuk mengembalikan marwah MK, tapi saya secara pribadi, saya kira ibu juga sama, tidak akan mempengaruhi putusan, kewenangan hanya pada yang mulia majelis hakim," ucap Ganjar.

Sementara itu, Ganjar pun merespons santai dengan hadirnya Plt. Ketua Umum PPP, Mardiono, dalam halal bihalal Partai Golkar. Dia menilai pertemuan tersebut baik dalam rangka moment Lebaran.

"Enggak apa-apa, enggak apa-apa, saya kira sesama ketum partai mungkin mereka punya cara tersendiri untuk berkomunikasi. Saya kira baik, apalagi dalam konteks keagamaan. Menurut saya sih itu mencitrakan Indonesia lah ya," ujar Ganjar.

Untuk diketahui, sebelumnya pada hari lebaran, Ganjar dan keluarga tidak mengunjungi Megawati. Ganjar memilih berlebaran di kampung halamannya, Jawa Tengah.

Baca juga artikel terkait SENGKETA PEMILU 2024 atau tulisan lainnya dari Ayu Mumpuni

tirto.id - Politik
Reporter: Ayu Mumpuni
Penulis: Ayu Mumpuni
Editor: Intan Umbari Prihatin