G-Dragon BIGBANG Akhiri Wajib Militer Hari Ini

Oleh: Syarifah Aini - 26 Oktober 2019
Dibaca Normal 1 menit
G-Dragon sendiri memulai masa wajib militernya pada 27 Februari 2018 hingga 26 Oktober 2019.
tirto.id - G-Dragon “BIGBANG” dikabarkan telah mengakhiri wajib militer (wamil) pada hari ini ini, Sabtu (26/10/2019). Dilansir dari Xportnews, sebagai penanda selesainya tugas wajib militer G-Dragon, para penggemar musisi yang sering dipanggil GD telah berkumpul untuk menggelar acara penyambutan di kawasan Yongin, Provinsi Gyenggi, Korea Selatan pada Sabtu (26/10/2019).

Berdasarkan foto yang dibagikan, nampak leader sekaligus rapper dari BIGBANG ini tampil gagah mengenakan seragam militer dan topi kabaretnya. Foto pertama menunjukkan G-Dragon yang tengah berdiri tegap dengan sikap hormat. Di belakangnya, terlihat sebanyak lebih dari 3.000 penggemar telah siap berkumpul menyambut kedatangannya.

Pada tiga foto lainnya, laki-laki kelahiran tahun 1988 ini nampak tersenyum simpul di depan penggemar. Sementara dua foto setelahnya menunjukkan potret musisi yang biasa disapa GD ini tengah memberikan penghormatan kepada penggemar dengan sikap hormat dan menundukkan kepala sebagai bentuk terima kasih dan penghormatan.

Masih dilansir dari sumber yang sama, dalam kesempatan tersebut pelantun lagu “Crooked” ini menyampaikan,

Saya telah kembali usai menyelesaikan tugas militer saya,” ujarnya. Ia lantas menambahkan,”terima kasih telah setia menunggu dan datang untuk menyambut saya hari ini. Saya akan segera kembali pada pekerjaan saya, dan tentu saya akan bekerja keras,” sambungnya.

Sebelum memutuskan untuk menggelar acara ini, para penggemar G-Dragon telah lebih dulu merencanakan penyambutan hari terakhir wamil dari idolanya di daerah Cherwon, Provinsi Gangwon. Namun sehari sebelum acara tersebut digelar, pihak agensi yang menaungi GD yaitu YG Entertainment menuturkan.


Tempat tugas militer yang ditempati oleh G-Dragon, Taeyang, dan Daesung berada di daerah territorial dimana virus African Swine Fever (ASF) diduga telah terdeteksi di sana. Untuk mencegah terjadinya persebaran virus, daerah tersebut dikarantina dan dilarang untuk dikunjungi,” ungkap salah satu perwakilan YG yang dilansir dari Naver pada Jumat (25/10/2019).

Dalam kesempatan tersebut pihak agensi juga meminta para penggemar untuk tidak datang ke lokasi tersebut agar tidak menyebabkan penyebaran virus yang dapat membahayakan keamanan para penggemar. Oleh karena pertimbangan tersebut, para penggemar G-Dragon, akhirnya memutuskan untuk berpindah lokasi dan menggelar acara penyambutan di lokasi yang berbeda tepatnya di kawasan Yongin, Provinsi Gyenggi, Korea Selatan.

G-Dragon atau yang dikenal juga dengan nama Jiyong ini merupakan leader sekaligus rapper ternama dari boy group legendaris Korea Selatan yaitu BIGBANG. Memulai kariernya sejak masih kecil, GD dikenal sebagai salah satu musisi dan artis paling berpengaruh di dunia versi HYPEBEAST. Dikutip dari Soompi, ia bahkan berhasil masuk dalam top HB 100 musisi paling berpengaruh di dunia pada tahun 2013, 2015, dan 2016.

G-Dragon sendiri memulai masa wajib militernya pada 27 Februari 2018 di divisi Infanteri ke-3 yang dikenal dengan nama unit “White Skull” atau unit Skeleton di Cheorwon, Provinsi Gangwon. Awalnya, ia dijadwalkan menyelesaikan wajib militer pada November 2019, namun karena adanya perubahan peraturan mengenai durasi wamil, ia akhirnya resmi menyelesaikan masa wajib militernya pada hari ini, Sabtu (26/10/2019).


Baca juga artikel terkait WAJIB MILITER atau tulisan menarik lainnya Syarifah Aini
(tirto.id - Musik)

Kontributor: Syarifah Aini
Penulis: Syarifah Aini
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight