Jihyo TWICE, G-Dragon, dan Idol K-Pop dengan Masa Trainee Terlama

Oleh: Nuraini Ika - 5 Agustus 2019
Dibaca Normal 2 menit
Jihyo TWICE, G-Dragon, Yoona SNSD dan beberapa idol ini menjalani masa trainee cukup lama sebelum mereka debut.
tirto.id - Sebelum para idol Korea melakukan debut, umumnya mereka akan menjalani masa trainee atau pelatihan di bawah agensi tertentu. Pada masa trainee para calon idol itu akan dilatih berbagai hal seperti menyanyi, menari, akting, hingga belajar bahasa dari berbagai negara.

Untuk menjadi trainee juga tidak mudah, mereka harus mengikuti berbagai audisi di perusahan tujuan dan bersaingan dengan ratusan calon trainee lain. Setelah lulus audisi menjadi trainee, para calon idol K-pop itu akan menandatangani kontrak kemudian baru menjalani masa trainee.

Meski telah menjadi trainee namun kemungkinan debut sebagai idol tetaplah kecil, karena harus memenangkan berbagai audisi dan bersaing dengan para trainee lainnya.

Tidak sedikit para idol yang menjalani masa trainee cukup lama sebelum debut. Berikut daftar beberapa Idol Kpop dengan masa trainee terpanjang, sebagaimana diwartakan SBS.

1. G. Soul: 15 tahun

Penyanyi G. Soul memulai masa trainee di JYP Entertainment ketika ia berumur 12 tahun, setelah tampil di acara SBS "Talent Development Project 99 Percent". Pemilik nama asli Kim Ji-Hyun ini menjalani masa trainee selama 15 tahun, hingga kemudian ia debut pada 2015 dengan merilis lagu “You”.

2. G-Dragon (BIGBANG): 11 tahun

G-Dragon menghabiskan masa trainee selama 11 tahun. Pemilik nama lahir Kwon Ji-young ini pertama muncul di layar kaca lewat acara kontes menari anak saat ia masih berusia 8 tahun.

Setelahnya, G-Dragon menjadi trainee di SM Entertainment selama 4 tahun dan berpindah menjadi trainee di YG Entertainment selama 6 tahun. Hingga kemudian ia berhasil debut bersama boy group legenda BIGBANG pada Agustus 2006.

3. Kwon Kwang-jin (CNBLUE, N.Flying): 10 tahun

Kwon Kwang-jin menghabiskan masa trainee selama 10 tahun di bawah naungan FNC Entertainment. Ia debut pada 2009 bersama band CNBLUE, tetapi keluar satu tahun setelahnya. Kemudian pada 2013, Kwang-jin membuat debut keduanya bersama grup N.Flaying.

4. Jiwon (T-Ara, SPICA): 10 tahun

Selama tahun-tahun awalnya, Jiwon ditetapkan untuk debut sebagai grup yang disebut 5 Girls with Hyosung (Secret), Uee (After School), Yubin (Wonder Girls) dan G.NA. Namun, karena masalah keuangan perusahaan, debutnya dibatalkan.

Jiwon kemudian pergi untuk bergabung dengan T-ARA, tetapi tidak bertahan lama karena dia mengalami masalah kesehatan (keadaan kelelahan fisik atau mental).

Jiwon akhirnya kembali debut dan menjadi anggota SPICA pada 2012. Sayangnya, girl group ini bubar pada Februari 2017.

5. Jihyo TWICE: 10 tahun

Butuh waktu satu dekade untuk pemilik nama Park Ji-hyo ini melewati masa trainee-nya. Vokalis utama sekaligus leader TWICE ini mulai menjadi trainee di JYP Entertainment sejak 15 Juli 2005.

Sebelum mengikuti program survival milik JYP, SIXTEEN dan debut bersama TWICE, Jihyo sempat dikabarkan akan debut bersama 6MIX, tetapi rencana itu batal.

Idol kelahiran 1997 ini kemudian berhasil mengawali karier ke dunia musik dengan debut bersama TWICE pada Oktober 2015 lewat album The Story Begins.

6. Johny (NCT): 9 tahun

Johnny lulus SM Global Audition yang diadakan di Amerika Serikat pada 2007. Dalam pelatihan sembilan tahunnya bersama SM Entertainment, Johnny melihat grup idola populer seperti SHINee dan EXO melakukan debut mereka. Johnny akhirnya berhasil debut bersama NCT pada 2016.

7. Xiyeon (Prostin): 9 tahun

Xiyeon pernah menjadi aktris dan model anak-anak yang muncul dalam peran kecil untuk drama dan iklan. Ketika dia mengikuti audisi untuk trainee di Pledis Entertainment. Dia berlatih selama 9 tahun. Xiyeon debut bersama idol group Pristin pada 2017. Namun, girl group ini dinyatakan bubar pada 24 Mei 2019.

8. Seulgi (Red Velvet): 7 tahun

Seulgi dikenal sebagai salah satu penari terbaik di industri K-pop dan ada alasan kuat di balik itu. Dia telah berlatih di SM Entertainment sejak 2007, sekitar waktu sama dengan EXO's Kai dan f (x) Krystal bergabung dengan agensi.

Meski Kai dan Krystal telah debut sebelum Seulgi, dia terus menyempurnakan keahliannya hingga kemudian ia debut bersama idol populer Red Velvet pada Agustus 2014 dengan lagu “Happiness”.

9. Yoona (SNSD): 7 tahun

Im Yoon A atau Yoona SNSD lulus audisi SM Entertainment dan menghabiskan waktu tujuh tahun untuk berlatih bernyanyi dan menari. Saat itu, Yoona disebut tidak memiliki banyak kepercayaan diri selama hari-hari pelatihannya dan ingin berhenti pada satu titik terntentu.

Yoona akhirnya dapat memulai karier dengan debut bersama idol group legenda Girls' Generation atau SNSD pada 2007 lewat lagu “Into The New World”.


Baca juga artikel terkait K-POP atau tulisan menarik lainnya Nuraini Ika
(tirto.id - Musik)

Kontributor: Nuraini Ika
Penulis: Nuraini Ika
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight