Menuju konten utama

Format dan Contoh Isi Surat Resign Kerja Profesional Versi Kemnaker

Format surat resign dan contoh surat resign yang profesional menurut Kemnaker.

Format dan Contoh Isi Surat Resign Kerja Profesional Versi Kemnaker
Ilustrasi pekerja perempuan keluar dari pekerjaan. Getty Images/iStockphoto

tirto.id - Mengundurkan diri atau resign dari tempat kerja sering kali menjadi pilihan terakhir jika kita bekerja di lingkungan yang toxic atau gaji dan beban kerja yang tak sesuai.

Selain itu, ada banyak alasan lain seseorang untuk mengundurkan diri dari tempatnya bekerja. Namun, sebelum memutuskan untuk keluar dari pekerjaan yang Anda miliki sebaiknya pertimbangkan plus minus atau negatif positifnya, termasuk susunlah rencana usai Anda keluar dari pekerjaan yang Anda miliki.

Lantas bagaimana cara membuat surat pengunduran diri yang baik dan tetap terlihat profesional? Dilansir dari laman Instagram resmi Kemnaker, berikut poin penting yang sebaiknya ada dalam surat pengunduran diri,

Format surat resign atau pengunduran diri

1. Kalimat pembuka

Awali surat pengunduran diri dengan kalimat pembuka seperti mengenalkan diri Anda dan posisi kerja Anda di perusahaan tempat Anda bekerja.

2. Tujuan atau alasan resign

Jelaskan alasan atau tujuan Anda keluar dari pekerjaan, seperti akan pindah lokasi tempat tinggal hingga alasan lain yang mendasari keinginan Anda untuk resign.

3. Ucapan terima kasih

Ucapkan terima kasih karena selama bekerja sudah banyak pelajaran hingga pengalaman yang bisa Anda dapatkan.

4. Menawarkan bantuan pada proses transisi

Tawarkan apa bantuan atau tanyakan apakah masih ada pekerjaan yang harus Anda selesaikan sebelum Anda mengundurkan diri dari perusahaan tempat Anda bekerja.

5. Personal informasi untuk menjaga relasi

Sertakan informasi personal seperti alamat email hingga nomor handphone untuk tetap menjaga relasi Anda dengan perusahaan tempat Anda bekerja.

6. Kalimat penutup

Tutup surat resign dengan kalimat penutup.

Contoh surat resign yang profesional menurut Kemnaker

Kepada Yth. (Nama atasan Anda)

di tempat.

Melalui surat ini, saya (nama panjang Anda) bermaksud untuk mengajukan pengunduran diri dari (nama perusahaan tempat Anda bekerja) sebagai (pekerjaan Anda). Hari terakhir saya bekerja adalah (tanggal). Hal ini karena adanya (alasan Anda keluar misal karena adanya pertimbangan untuk kuliah lagi atau karena Anda akan pindah lokasi tinggal) sehingga harus memutuskan resign dari perusahaan tempat saya bekerja selama (masa kerja Anda).

Saya ingin mengucapkan terima kasih atas kesempatan dan pembelajaran yang diberikan selama saya bekerja. Saya telah mendapatkan banyak ilmu dan saya sangat menikmati masa-masa bekerja di perusahaan ini.

Kiranya jika ada yang perlu saya bantu dalam masa transisi sebelum saya berakhir bekerja, Bapak/Iba dapat menghubungi saya. Serta tetep menjaga koneksi yang ada, berikut kontak yang dapat dihubungi (nomor handphone) atau (alamat email).

Sekali lagi terima kasih dan semoga (nama perusahaan tempat Anda bekerja) semakin maju di masa mendatang.

Salam,

Nama lengkap Anda.

Baca juga artikel terkait SOSIAL BUDAYA atau tulisan lainnya dari Nur Hidayah Perwitasari

tirto.id - Sosial budaya
Penulis: Nur Hidayah Perwitasari
Editor: Iswara N Raditya