Format Acara Debat Pilpres Ketiga dan Tambahan Durasi Tiap Segmen

Oleh: Bayu Septianto - 14 Maret 2019
KPU menambah durasi setiap segmen di debat pilpres ketiga. Format acara debat cawapres tersebut tidak memiliki banyak perbedaan dengan agenda serupa sebelumnya.
tirto.id - Debat Pilpres 2019 tahap ketiga akan mempertemukan dua cawapres, yakni Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno pada Minggu (17/3/2019).

Bila dibandingkan dengan dua agenda serupa sebelumnya, tak akan banyak perubahan terkait format acara dalam debat cawapres tersebut.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan mengatakan, debat ketiga masih akan diselenggarakan selama dua jam dan dibagi menjadi enam segmen.

Sama seperti debat pilpres pertama dan kedua, segmen pertama ialah pemaparan visi-misi dan program. Kemudian, dilanjutkan dengan pendalaman visi misi dan program di segmen kedua dan ketiga.

"Itu berisi pertanyaan yang disampaikan oleh moderator. Pertanyaan ini dibuat panelis," kata Wahyu di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (14/3/2019).


Selanjutnya, pada segmen keempat dan kelima, Ma'ruf dan Sandiaga akan dipersilakan untuk saling bertanya satu sama lain.

Namun, berbeda dengan debat kedua, pada segmen keempat tersebut tidak akan ada penayangan video pendek sebagai pengganti pertanyaan.

Selain itu, kata Wahyu akan ada penambahan waktu di lima segmen, masing-masing satu menit. Pada segmen keenam atau closing statement dari masing-masing kandidat, durasinya ditambah dari 2 menit menjadi 4 menit.

"Jadi untuk debat ketiga ini waktunya hampir semua sesi kita tambah," ujar Wahyu.

Debat ketiga pilpres ketiga akan membahas tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya.

Debat pada 17 Maret 2019 tersebut digelar di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, dan disiarkan langsung oleh Trans 7, Trans TV, dan CNN Indonesia TV.


Baca juga artikel terkait DEBAT CAWAPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Bayu Septianto
(tirto.id - Politik)

Reporter: Bayu Septianto
Penulis: Bayu Septianto
Editor: Addi M Idhom