Formappi Nilai Puan Maharani Berpotensi Jadi Ketua DPR RI

Oleh: Riyan Setiawan - 13 Mei 2019
Lucius mengatakan, posisi Ketua DPR RI akan menjadi sebuah tanggung jawab yang besar bagi Puan Maharani.
tirto.id - Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) menilai politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Puan Maharani berpotensi menjadi Ketua Umum Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

Pasalnya, suara PDIP saat ini masih unggul dalam rekapitulasi sementara Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada pemilu 2019. Selain itu, kata Formappi, tidak ada pilihan dari PDIP yang kuat selain Puan Maharani.

"Karena PDIP dengan segala kewenangannya siapa yang dari anggota DPR PDIP yang menjadi ketua DPR dan kelihatannya tidak ada pilihan lain selain Puan dan tidak ada yang kuat dari Puan kalau melihat konteks internal PDIP," ujar Peneliti Formappi, Lucius Karus, di kantornya, Jakarta Pusat, Senin (13/5/2019).

Apalagi, menurut Lucius, Puan merupakan anak sekaligus salah satu orang kepercayaan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

"Dengan situasi kepartaiannya, ya jadi akan jatuh pada orang yang paling dipercaya oleh ketua umum, dan itu ada di Puan," ucapnya.

Apabila benar Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan itu terpilih menjadi Ketua DPR, Lucius mengatakan akan menjadi sebuah tanggung jawab yang besar bagi Puan.

"Ini memang tantangan serius juga jika memang Puan ditunjuk menjadi ketua DPR apakah dia mampu mentransformasikan dirinya sebagai perempuan sekaligus sebagai pimpinan lembaga negara yang penting untuk mengontrol kinerja pemerintah. Karena dia adalah bagian dari koalisi pendukung pemerintah," kata Lucius.

Ia pun berharap, apabila Puan benar menjadi Ketua DPR, agar senantiasa mengontrol kinerja pemerintah. Walaupun PDIP adalah salah satu partai pengusung Jokowi.

"Kehadirannya justru tidak membuat DPR melempem seperti yang kita katakan tadi karena ada hal yang diselesaikan di bawah tangan. Misalnya antara dia bersama presiden," pungkasnya.


Baca juga artikel terkait KETUA DPR RI atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Politik)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight