FLS 2019 Ajak Future Leader Siap Hadapi Revolusi Industri 4.0

Oleh: Ibnu Azis - 24 September 2019
Dibaca Normal 1 menit
Future Leader Summit 2019 fokus untuk mengedukasi dan menghasilkan pemimpin masa depan agar siap menghadapi revolusi industri 4.0.
tirto.id - Future Leader Summit (FLS) kembali hadir untuk ke-9 kalinya yang tahun ini telah dilaksanakan di New Metro Hotel, Semarang pada 20-21 September 2019. Acara ini diikuti oleh 240 youth delegates dari 32 provinsi di Indonesia usai melewati tahap seleksi.

Mengangkat tema Future Leader’s Idea Manifestation of ASEAN 2025 in the Age of Disruption, FLS 2019 fokus untuk mengedukasi dan menghasilkan future leader agar siap menghadapi revolusi industri 4.0.

Girindra selaku Project Leader FLS 2019 melalui keterangan tertulis kepada Tirto pada Selasa (24/9/2019) berharap agar para delegasi setelah mengikuti rangkaian acara FLS 2019 dapat membuat perubahan sesuai bidang yang mereka kuasai di tempat tinggal mereka.

Rangkaian acara FLS 2019 mengharuskan delegasi berpartispasi aktif dan berperan langsung dalam memunculkan ide dan gagasan baru bagi isu-isu yang tengah menjadi fokus utama bangsa.

FLS 2019 menghadirkan 6 room yang mengangkat isu-isu yang berbeda, dan di setiap room-nya dihadirkan pembicara expert dalam bidangnya.

Adapun 6 room itu, yakni Room Internal Relation diisi oleh Gilang Kembara (Peneliti Cenre for Strategic and International Studies), Room Digital diisi oleh Ragil Widiharso (CEO Jeager.io), dan Room Technopreneur diisi oleh Suryandaru MT (Director at Nanotech Global Innovation Pte. Ltd.).

Berikutnya, Room Environment diisi oleh Jasmine Putri (Senior Forest Campaigner Greenpeace Indonesia), Room Urban Planning diisi oleh Mulya Amri (Program Director JPI, Senior Urban Development Consultant The World Bank), dan Room Education diisi oleh Syarif Roushan Fikri (CEO Pahamify).

Jasmine Putri sebagai Senior Forest Campaigner Greenpeace Indonesia menyinggung isu kebakaran hutan yang sedang terjadi sekarang. Ia menyatakan bahwa perlu peran pemuda untuk ikut serta berkontribusi dalam fenomena ini.

"Banyak hal-hal kecil yang dapat dilakukan, mulai dari memberikan donasi berupa uang maupun barang seperti masker dan obat-obatan," ujarnya.

Kedua hal itu merupakan hal yang bersifat krusial dan sangat dibutuhkan untuk sekarang. Jasmine Putri juga mengajak untuk para pemuda untuk lebih peduli terhadap isu-isu lingkungan supaya bumi jauh lebih terjaga.

Adapun FLS merupakan konferensi nasional pemuda tahunan yang digagas oleh Nusantara Muda sejak 2011.


Baca juga artikel terkait FUTURE LEADER SUMMIT atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)

Sumber: Siaran Pers
Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH
DarkLight