Flashdisk Berkapasitas Terbesar Dipamerkan SanDisk di CES 2019

Oleh: Ditya Pandu Akhmadi - 9 Januari 2019
Harga flashdisk 4TB SanDisk belum terungkap, sedangkan kapasitas 2TB dijual Rp16,7 juta.
tirto.id - SanDisk memperkenalkan flashdisk berkapasitas 4TB di CES 2019, Las Vegas, Amerika Serikat, Selasa (8/1/2019) waktu setempat. Kapasitas ini merupakan yang terbesar di dunia.

Dilansir dari The Verge, Rabu (9/1), flashdisk andalan SanDisk ini belum memiliki nama termasuk seri lantaran masih purwarupa.

Adapun Sandisk mempamerkan flashdisk 4TB ini sebagai lambang kemajuan di industri media penyimpanan.

Desain flashdisk 4TB ini unik dengan balutan casing perak dan dilengkapi penutup yang dapat diputar. Flashdisk tersebut menggunakan antarmuka USB Type-C berupa kabel pendek yang dapat dilipat dan disimpan di sisi samping casing.

Belum ada informasi lebih lanjut mengenai spesifikasi teknis seperti kecepatan transfer rate-nya (read dan write). Terkait harga, SanDisk juga enggan mengungkapnya, namun sepertinya bakalan mahal.

Sebagai perbandingan, SanDisk sebelumnya telah merilis flashdisk berkapasitas 2TB dan dijual dengan harga 1.200 dolar AS atau sekitar Rp16,7 juta (kurs 14.127).

Belum ada informasi kapan produk final flashdisk 4TB SanDisk ini diluncurkan.

Flashdisk merupakan media penyimpanan portabel yang berbasis chip flash. Saat ini, flashdisk yang beredar rata-rata mengusung kapasitas penyimpanan bervariasi, mulai dari 8GB hingga 128GB.

Kapasitas 4TB untuk sebuah flashdisk terbilang sangat besar. Sebagai perbandingan, saat ini rata-rata laptop terbaru dibekali dengan media penyimpanan hard disk 500GB hingga 1TB.


Baca juga artikel terkait FLASHDISK atau tulisan menarik lainnya Ditya Pandu Akhmadi
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Ditya Pandu Akhmadi
Penulis: Ditya Pandu Akhmadi
Editor: Ibnu Azis
DarkLight