Fitur Baru YouTube Bisa Menyembunyikan Video Rekomendasi

Penulis: Ibnu Azis - 27 Jun 2019 19:15 WIB
Dibaca Normal 1 menit
YouTube punya 2 fitur baru salah satunya untuk menyembunyikan video rekomendasi.
tirto.id - Pengguna YouTube kini dapat menyembunyikan video rekomendasi lantaran platform berbagi video milik Google ini pada Rabu (26/6/2019) waktu AS merilis fitur baru yang memungkinkan itu dapat dilakukan.

Selama ini, video rekomendasi YouTube di feed pengguna berdasarkan algoritma yang dibangun oleh tim. YouTube mengamini bahwa tak semua rekomendasi yang diberikan sesuai dengan minat pengguna.

"Meski kami mencoba yang terbaik dalam merekomendasikan video, kami tidak selalu melakukannya dengan benar, jadi kami memberi Anda kontrol untuk menyembunyikannya," tulis Essam El-Dardiry selaku Manager Produk YouTube, seperti dikutip dari YouTube Blog, Kamis (27/6/2019).

Untuk menggunakan fitur menyembunyikan video rekomendasi, pengguna tinggal memilih salah satu video di feed, lalu tap tiga titik di pojok kanan, kemudian pilih opsi "Don't recommend channel".

Nantinya, video dari channel terpilih tak akan dialirkan lagi ke feed, tapi dapat ditemukan di tab "Subscriptions" bila pengguna berlangganan saluran itu.

"Anda mungkin masih dapat menemukannya [video rekomendasi] jika berlangganan, mencarinya, atau mengunjungi tab Trending," terang El-Dardiry.

Sebelumnya, jika pengguna tak ingin menerima video rekomendasi, hanya ada pilihan "Not Interested", yang merujuk pada topik tertentu sesuai video itu.

YouTube telah menggulirkan fitur barunya mulai hari ini yang tersedia untuk perangkat Android dan iOS. YouTube juga berencana untuk menghadirkan fitur ini ke desktop.

Selain menyembunyikan video rekomendasi, YouTube juga mempermudah pengguna menjelajah video dengan membuat tab kategori.

Di tab itu, akan ditampilkan kategori-kategori yang disesuaikan dengan topik video-video yang sering ditonton pengguna, misalnya memasak, komedi, sepak bola, animasi, trailer film, dan lain sebagainya.

Tab kategori berada di laman feed tepatnya terletak di bawah logo YouTube.

"Anda dapat lebih mudah menjelajahi topik dan video terkait, seperti memanggang video, acara bincang-bincang larut malam, genre musik favorit, dan melihat lebih banyak tentang apa yang Anda sukai di YouTube," kata El-Dardiry.


Baca juga artikel terkait YOUTUBE atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH

DarkLight