Film Mirip Squid Game Genre Survival: Ada Escape Room & Death Bell

Oleh: Maria Ulfa - 30 September 2021
Dibaca Normal 3 menit
Berikut ini adalah rekomendasi film bertema survival mirip Squid Game, seperti yang telah dihimpun Tirto.
tirto.id - Drama Korea (drakor) terbaru, Squid Game telah tersedia di Netflix dengan subtitle bahasa Indonesia sejak 17 September 2021.

Squid Game adalah drama baru tentang permainan bertahan hidup misterius dengan hadiah 45,6 miliar won yang dipertaruhkan.

Drama thriller yang dibalut dengan cerita bertahan hidup atau survival ini berhasil menarik perhatian penonton.

Mengutip Variety, setelah dirilis pada 17 September, Squid Game masuk daftar Top 10 Netflix, dan berada di posisi 8. Lalu di hari berikutnya naik ke posisi kedua, dan pada 21 September berhasil menduduki posisi pertama, yaitu dalam 4 hari sejak dirilis.

Daftar Film Mirip Squid Game


Berikut ini adalah rekomendasi film bertema survival mirip Squid Game, seperti yang telah dihimpun Tirto.

1. The Maze Runner

The Maze Runner adalah film fiksi ilmiah dystopian Amerika tahun 2014 yang disutradarai oleh Wes Ball dan diadaptasi dari novel James Dashner tahun 2009 dengan judul yang sama.

Film ini dibintangi oleh Dylan O'Brien, Kaya Scodelario, Aml Ameen, Thomas Brodie-Sangster, Ki Hong Lee, Will Poulter, dan Patricia Clarkson.

Ceritanya mengikuti Thomas yang berusia enam belas tahun, diperankan oleh O'Brien, yang terbangun di lift berkarat tanpa mengingat siapa dia. Ternyata ia telah dikirim ke tengah labirin yang rumit, bersama dengan anak-anak lainnya.

Setelah itu, Thomas dan anak-anak lainnya berusaha menemukan jalan keluar dari labirin yang selalu berubah – sambil membangun masyarakat yang berfungsi dalam apa yang mereka sebut Glade.

The Maze Runner sendiri kini telah tayang sebanyak 3 seri, yaitu The Maze Runner (2014), Maze Runner: The Scorch Trials (2015), dan Maze Runner: The Death Cure (2018).

2. The Hunger Games

The Hunger Games adalah film aksi sci-fi Amerika Serikat tahun 2012 yang disutradarai oleh Gary Ross dan diadaptasi dari novel berjudul sama yang ditulis Suzanne Collins pada tahun 2008.

Film ini dibintangi oleh Jennifer Lawrence, Josh Hutcherson, Liam Hemsworth, Woody Harrelson, Elizabeth Banks, Lenny Kravitz, Stanley Tucci, dan Donald Sutherland.

The Hunger Games ini berlatar di masa depan pasca-apokaliptik dystopian di negara Panem, di mana seorang anak laki-laki dan perempuan dari masing-masing 12 distrik dipilih setiap tahun sebagai "upeti" dan dipaksa untuk bersaing dalam The Hunger Games, sebuah pertarungan televisi yang rumit sampai mati.

Katniss Everdeen (Lawrence) menjadi sukarelawan untuk menggantikan posisi adik perempuannya ketika adik perempuannya awalnya dipilih sebagai upeti.

Bersama upeti laki-laki di distriknya, Peeta Mellark (Hutcherson), Katniss pergi ke Capitol untuk berlatih dan berkompetisi dalam permainan.

Hingga saat ini, terdapat 4 judul series The Hunger Games, di antaranya The Hunger Games (2012), The Hunger Games: Catching Fire (2013), The Hunger Games: Mockingjay – Part 1 (2014), dan The Hunger Games: Mockingjay – Part 2 (2015).

3. Death Bell

Film Korea ini menceritakan tentang para siswa SMA yang dipaksa mengikuti ujian atas perintah sosok misterius demi menyelamatkan nyawa teman mereka.

Menjelang ujian masuk universitas yang ditakuti, kehidupan 24 siswa terpintar di satu SMA dipertaruhkan. Mereka terkunci di dalam ruang kelas dan tidak ada tempat untuk melarikan diri.

Sebuah monitor televisi menyiarkan Hae Yeong (Yang Ji Won) yang ketakutan. Ia adalah siswa terbaik di SMA, yang saat itu diikat dan duduk di kursi di sebuah akuarium yang perlahan mulai terisi air.

Sebuah suara dari monitor mengumumkan jika 24 siswa tersebut tidak dapat menyelesaikan ujian yang diberikan dalam waktu yang diberikan, Hae Yeong akan mati dan semua orang akan ditawan di dalam kelas.

Maka dimulailah ujian yang akan menentukan apakah mereka akan hidup atau mati. Film ini dibintangi oleh Nam Gyu Ri, Kim Bum, Lee Beom-Soo, Yoon Jung Hee, dan banyak lagi.

Death Bell sendiri tayang dengan 2 seri, yaitu Death Bell sebagai film pertama tayang pada 2008, dan Death Bell 2: Bloody Camp yang tayang pada 2010.

4. Escape Room

Escape Room adalah film horor psikologis Amerika tahun 2019 yang disutradarai oleh Adam Robitel dan ditulis oleh Bragi F. Schut dan Maria Melnik.

Film ini dibintangi oleh Taylor Russell, Logan Miller, Deborah Ann Woll, Tyler Labine, Nik Dodani, Jay Ellis, dan Yorick van Wageningen, dan mengikuti sekelompok orang yang dikirim untuk menavigasi serangkaian kamar pelarian yang mematikan.

Enam orang dari berbagai latar belakang disajikan dengan sebuah ruang kubus teka-teki.

Mereka adalah Zoey, seorang mahasiswa fisika; Jason, seorang daytrader kaya; Ben, seorang penjaga stok; Mike, seorang sopir truk; Amanda, seorang veteran Perang Irak; dan Danny, seorang penggila ruang pelarian.

Mereka diundang untuk mengambil bagian dalam permainan ruang pelarian dengan hadiah 10.000 dolar AS.

Para peserta tiba di blok kantor tempat mereka diundang, dan ketika Ben mencoba pergi, pegangan pintu terlepas, menunjukkan bahwa tantangan telah dimulai.

Sementara, sekuel film ini, Escape Room: Tournament of Champions juga telah dirilis pada 16 Juli 2021.

5. As the Gods Will

As the Gods Will adalah sebuah film horor supernatural Jepang tahun 2014 yang disutradarai oleh Takashi Miike.

Film ini adalah serial pertama dari manga dengan judul yang sama ditulis oleh Muneyuki Kaneshiro dan Akeji Fujimura.

Siswa sekolah menengah, Shun Takahata (Sota Fukushi) menghabiskan sebagian besar waktunya bermain video game kekerasan.

Suatu pagi di sekolah, dia merengek bahwa hidupnya benar-benar membosankan. Akan tetapi, kemudian tiba-tiba dia terlibat dan dipaksa untuk berpartisipasi dalam permainan Daruma-san ga koronda dengan hukuman mati sebagai hukuman bagi mereka yang kalah.

Ketika boneka Daruma berbalik ke papan tulis, itu memperlihatkan tombol di punggungnya yang dapat ditekan oleh siswa untuk mengakhiri permainan sebelum waktunya habis, tetapi semua orang di kelas, kecuali Shun mati.


Baca juga artikel terkait SQUID GAME atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - Film)

Penulis: Maria Ulfa
Penyelia: Yantina Debora
DarkLight