Film Mel Gibson, Apocalypto Tayang Malam Ini Pukul 22.00 di GTV

Oleh: Sirojul Khafid - 16 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
Sinopsis Apocalypto di GTV malam ini: kisah kerajaan Maya yang sedang menghadapi kemundurannya.
tirto.id - Apocalypto akan tayang di GTV pada Jumat (16/8/2019) pukul 22.00 WIB. Saat kerajaan Maya menghadapi kemundurannya, seorang pemuda dibawa mengikuti perjalanan berbahaya ke dunia yang penuh ketakutan dan penindasan.

Rutinitas sehari-hari Jaguar Paw (Rudy Youngblood) yaitu berburu di hutan. Dia salah satu suku Maya yang hidup bersama satu suku kecil di tengah hutan lebat. Ada beberapa suku lain yang terpisah tempatnya.

Saat sedang berburu, dia bertemu dengan kelompok suku lain. Mereka mengatakan, ada suku jahat yang menyerang suku mereka. Hal itu membuat mereka mengungsi. Suku yang hendak mengungsi menyarankan Paw dan anggota sukunya untuk segera mengungsi.

Namun Paw tidak percaya. Tidak ada tanda-tanda kelompok jahat yang terlihat selama ini. Dia kembali ke sukunya dan menemui istrinya yang sedang hamil tua. Keesokan harinya, Paw melihat ada yang tidak beres. Ada orang yang mengintai tempat tinggal sukunya.

Tidak lama berselang datang kawanan yang menyerang suku Paw. Untungnya sebelum mereka datang, Paw sudah menyelamatkan istrinya. Namun tetap saja, suku Paw porak-poranda oleh serangan itu.

Banyak anggota suku Paw yang dibunuh. Bagi mereka yang tidak dibunuh akan dijadikan tawanan dan dibawa ke tempat lain, termasuk Paw. Setelah berjalan jauh, mereka sampai pada suku yang lebih besar dan modern.

Di tempat itu, sedang ada acara persembahan kepada dewa Matahari. Beberapa laki-laki muda akan dikorbankan dengan dipenggal kepalanya di atas piramida raksasa.

Film karya Mel Gibson dengan Farhad Safinia membantu dalam hal penulisan naskah ini tayang perdana pada 8 Desember 2006. Berdurasi 138 menit, Apocalypto berada dalam naungan studio produksi Buena Vista. Film ini masuk dalam tiga nominasi Oscar 2007 dalam kategori Tata Rias Terbaik, Suara Terbaik dan Editing Terbaik.

Selama penayangannya, Box Office Mojo mencatat pendapatan film ini lebih dari 120 juta dolar Amerika Serikat (AS). Rotten Tomatoes memberi skor 66 persen dan penonton 79 persen. Situs IMDb memberi rating 7,8 dari 10.

Selain Apocalypto, Mel Gibson pernah menyutradarai The Man Without a Face (1993), Braveheart (1995), The Passion of the Christ (2004), Passion Recut (2005), Untitled Viking Drama (2012), dan Hacksaw Ridge (2016).

___________________

Jadwal tayang film menyesuaikan masing-masing stasiun televisi. Waktu tayang dan judul film dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.


Baca juga artikel terkait SINOPSIS FILM atau tulisan menarik lainnya Sirojul Khafid
(tirto.id - Film)


Penulis: Sirojul Khafid
Editor: Dipna Videlia Putsanra
Kontributor: Sirojul Khafid
DarkLight