FFI 2019: Dilan 1991 Film Terlaris yang Tak Masuk Nominasi

Oleh: Anggit Setiani Dayana - 13 November 2019
Dibaca Normal 1 menit
Dilan 1991 sebagai film terlaris Indonesia tahun ini tidak masuk nominasi FFI 2019.
tirto.id - Nominasi FFI 2019 atau Piala Citra 2019 diumumkan pada Selasa (12/11/2019) di La Moda, Plaza Indonesia. Total ada 21 nominasi yang dibacakan, di antaranya Film Panjang Terbaik, Sutradara Terbaik, Pemeran Utama Pria Terbaik, Pemeran Utama Wanita Terbaik, Pemeran Pendukung Pria Terbaik, Pemeran Pendukung Wanita Terbaik.

Selanjutnya, Penulis Skenario Cerita Asli Terbaik, Pencipta Skenario Adaptasi Cerita Terbaik, Penata Musik Terbaik, Penata Suara Terbaik, Dokumenter Panjang Terbaik, Dokumenter Pendek Terbaik, Penata Busana Terbaik, Penyunting Gambar Terbaik, Pencipta Lagu Terbaik.

Kemudian, Film Animasi Pendek Terbaik, Pengarah Sinematografi Terbaik, Film Cerita Pendek Terbaik, Pengarah Artistik Terbaik, Penata Efek Visual Terbaik.

Dari deretan nominasi tersebut, film terlaris tahun 2019, yaitu Dilan 1991 justru tidak kelihatan di ajang bertajuk "Film Bagus Citra Indonesia" tersebut.

Pada saat penayangannya awal tahun 2019 ini, Dilan 1991 meraup jumlah penonton hingga 5.253.411 orang. Film yang merupakan sekuel dari Dilan 1990 ini kembali menampilkan kisah percintaan remaja, Dilan dan Milea.

Kisah percintaan mereka tidak hanya mengangkat soal kata-kata romantis, tetapi juga konflik remaja, perselisihan, dan pasang surut hubungan yang akhirnya membuat mereka berpisah.

Dilan (Iqbaal Ramadhan) digambarkan sebagai pemuda ideal klasik, berwajah tampan, berpenampilan bad boy, tapi pintar secara akademis, dan dapat meluluhkan hati incarannya dengn permainan kata-kata.

Masih memiliki latar suasana yang sama, kisah cinta Dilan dan Milea (Vanesha Prescilla) berlanjut, dengan disuguhi beberapa konflik baru serta kedatangan tokoh baru.

Dilan 1991 adalah seperti ajang tangis Milea, remaja labil yang belum teguh pendiriannya, Sebentar-sebentar jatuh cinta, sebentar-sebentar patah hati lalu menyesal lagi karena mengancam putus.

Proses seleksi nominasi film dilakukan beberapa tahap, tahap pertama adalah penilaian dari kurator yang kemudian menyeleksi film ke daftar pendek berisi 30-50 film.

Pada tahap ini pun, Dilan 1991 tidak masuk ke daftar pendek untuk Nominasi Piala Citra 2019. Para pemeran, seperti Iqbaal Ramadhan dan Vanesha Prescilla juga tidak masuk ke daftar nominasi, sebagaimana dilansir laman resmi Festival Film Indonesia.

Selain membintangi Dilan 1990 dan Dilan 1991, Iqbaal Ramadhan juga membintangi film Bumi Manusia sebagai Minke atau Tirto Adhi Soerjo, tetapi namanya juga gagal masuk ke daftar pemeran utama pria terbaik.

Selain Dilan, film laris lainnya yang gagal masuk ke nominasi Piala Citra 2019 adalah Bernapas Dalam Kubur, film horor hasil remake dari film-film horor legendaris awal 2000-an.

Bernapas Dalam Kubur kembali membangkitkan Suzzana, ratu horror Indonesia, yang diperankan oleh Luna Maya. Film ini menyedot perhatian 3.346.185 penonton.


Baca juga artikel terkait FESTIVAL FILM INDONESIA 2019 atau tulisan menarik lainnya Anggit Setiani Dayana
(tirto.id - Film)

Kontributor: Anggit Setiani Dayana
Penulis: Anggit Setiani Dayana
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight