Festival 11.11: Banten Daerah Pemburu Diskon Terbanyak pada 2018

Oleh: Yandri Daniel Damaledo - 10 November 2019
Dibaca Normal 1 menit
Menurut data riset dari CupoNation, Banten menjadi daerah dengan angka pemburu diskon terbanyak di Indonesia pada 2018, disusul Jawa Barat.
tirto.id - Singles Days atau Hari Jomblo akan digelar besok 11 November 2019, sekaligus menjadi salah satu pesta belanja online terbesar di Indonesia.

Berawal dari tradisi perayaan hari jomblo di Cina setiap tanggal 11 November sebagai ajang perlawanan terhadap Valentine’s day, kemudian di tahun 2009, Alibaba memanfaatkan momen ini sebagai ajang promosi platform e-commerce baru.

Hasilnya, Alibaba mampu menghasilkan perputaran uang ratusan triliun rupiah yang menjadikan beberapa pelaku e-commerce lain tergerak untuk berpartisipasi dalam festival Singles Day selanjutnya.

Kesuksesan Alibaba mampu membuat pesta belanja online singles day kini rutin dirayakan di beberapa negara lain seperti Indonesia, Malaysia, Singapura Thailand Filipina dan Vietnam.

Situs berhemat CupoNation melakukan studi tentang perkembangan popularitas pesta belanja online singles day di Indonesia.

Volume penelusuran online untuk kata kunci 11.11 di Indonesia terus meningkat di 2 tahun terakhir.Berdasarkan hasil studi, jumlah penelusuran untuk kata kunci 11.11 pada mesin pencari google meningkat hingga 29 persen di tahun 2017 dan 456 persen di tahun 2018.

"Peningkatan yang cukup tajam di tahun 2018 menggambarkan jika jumlah masyarakat Indonesia yang menaruh perhatian dan menelusuri kampanye diskon dan promo yang ditawarkan pada momentum singles day semakin bertambah dan diprediksikan akan terus mengalami peningkatan di tahun 2019," kata PR CupoNation, Olivia Putri dalam rilis yang diterima Tirto, Minggu (10/11/2019).

Daerah di Indonesia dengan pemburu diskon terbanyak

Jika dilihat dari sumber wilayah dari penelusuran kata kunci 11.11 tertinggi, maka setidaknya terdapat enam wilayah di Indonesia dimana masyarakatnya tercatat memiliki antusiasme yang besar terhadap pesta belanja online singles day pada tahun 2018.

Wilayah dengan jumlah pemburu diskon dan savvy shopper terbanyak adalah Banten dan disusul oleh Jawa barat.

Berikut adalah deretan wilayah di Indonesia dengan masyarakatnya yang memiliki antusiasme tinggi terhadap pesta belanja online singles day, jika diurutkan adalah:

1. Banten
2. Jawa Barat
3. Kepulauan Bangka Belitung
4. Kalimantan Barat
5. Daerah Istimewa Yogyakarta
6. Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Berbeda dengan hasil volume penelusuran kata kunci 11.11 di tahun 2017, deretan wilayah di Indonesia dengan jumlah masyarakat yang menaruh atensi tinggi terhadap pesta belanja online singles day adalah Kalimantan Utara, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Utara, Jambi dan Kalimantan Tengah.

Situs e-commerce yang paling banyak dicari saat pekan pesta belanja online singles day 2018

Berdasarkan hasil studi CupoNAtion, ada 5 situs toko online dengan jumlah pengunjung terbanyak di Indonesia, yang jika diurut berdasarkan jumlah pengunjung terbanyak adalah Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada dan Blibli. Namun, studi menunjukkan bahwa pada pekan pesta belanja online singles day, situs ecommerce yang meraih volume penelusuran tertinggi di tahun 2018 adalah Shopee, dan disusul oleh Lazada.

Shopee berhasil melesat ke peringkat pertama dimana sebelumnya berada di urutan ke-3 pada pekan singles day yang digelar pada tahun 2017.

Berikut adalah 5 situs toko online yang paling populer dan memiliki volume pencarian tertinggi pada google saat pekan Singles day, yang jika diurutkan adalah:

1. Shopee
2. Lazada
3. Tokopedia
4. Bukalapak
5. Blibli

Di tahun 2017, Lazada merupakan situs toko online yang paling mendominasi volume penelusuran google pada saat pekan belanja online singles day, dan disusul oleh beberapa situs e-commerce lain yang jika diurutkan adalah Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan Blibli.


Baca juga artikel terkait HARBOLNAS atau tulisan menarik lainnya Yandri Daniel Damaledo
(tirto.id - Gaya Hidup)

Sumber: pers rilis
Penulis: Yandri Daniel Damaledo
Editor: Agung DH
DarkLight