Facebook Tawarkan Layanan Game Berbasis Cloud & Cara Akses Gim

Oleh: Abdul Hadi - 29 Juli 2021
Dibaca Normal 1 menit
Facebook meluncurkan layanan gim berbasis komputasi awan atau cloud untuk pengguna Apple
tirto.id - Sejak akhir Juli 2021, Facebook meluncurkan layanan gim berbasis komputasi awan atau cloud untuk pengguna Apple. Pemegang gawai iPhone atau iPad tidak lagi harus mengunduh gim dari Apple Store. Melalui Facebook, pengguna dapat memainkan gim favorit mereka secara daring.

Dilansir Antara, pilihan gim yang dapat dimainkan juga bervariasi, seperti Assasin's Creed Rebellion, Risk: Global Domination, LEGO: Heroes Unboxed, dan sebagainya.

Melalui layanan gim cloud Facebook, memori ponsel bisa dihemat karena tidak memakan memori gawai lagi. Selain itu, pengalaman bermain gimnya juga tidak berbeda dari aplikasi bawaan iOS.

Sebenarnya, layanan gim Cloud ini sudah diluncurkan untuk ponsel versi Android secara gratis sejak akhir 2020. Namun, layanan gim cloud baru bisa menjangkau Apple ketika perusahaan teknologi ini melonggarkan aturan mereka.

Sebelumnya, Apple tidak mengizinkan penggunaan aplikasi peramban di luar App Store. Karena itulah, gim cloud Facebook baru bisa diterapkan sekarang untuk gawai berbasis iOS.

“Kesimpulan kami saat ini bahwa aplikasi web adalah satu-satunya pilihan untuk streaming gim cloud di iOS,” kata wakil direktur Facebook Gaming, Vivek Sharma, sebagaimana dikutip dari laman engadget.

"Kebijakan Apple sebelumnya sama sekali tidak memungkinkan layanan gim cloud diterapkan di iOS. Apple mensyaratkan gim cloud harus muncul di App Store dan hal itu menyalahi prinsip dasar dari layanan cloud itu sendiri," tambah Vivek Sharma.

Kebijakan tersebut, menurut Vivek Sharma, telah membatasi penggemar gim untuk mengeksplorasi gim baru, bermain lintas perangkat, dan tidak bisa mengakses gim lain secara langsung di aplikasi iOS yang asli.

Untuk mengakses layanan gim cloud dari Facebook, pengguna dapat mengklik di sini. Sebagai informasi, peramban atau browser yang kompatibel untuk memainkan gim cloud Facebook adalah peramban Safari. Disarankan juga, pengguna sebaiknya menyimpan laman gim cloud Facebook di Home Screen Safari untuk memudahkan akses gim cloud Facebook lagi

Sayangnya saat ini, gim clod Facebook ini hanya bisa dimainkan di Amerika Serikat dan sebagian wilayah Kanada dan Meksiko. Kendati demikian, pengguna yang terhubung ke Facebook, selain area yang disebutkan di atas, tetap dapat memainkan gim HTML5 di aplikasi web.


Baca juga artikel terkait FACEBOOK atau tulisan menarik lainnya Abdul Hadi
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Abdul Hadi
Penulis: Abdul Hadi
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight