Aturan Baru WhatsApp: Informasi Pengguna akan Dibagi ke Facebook

Oleh: Restu Diantina Putri - 11 Januari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Ketentuan baru WhatsApp mengharuskan penggunanya menyetujui data dan informasi pengguna dibagikan kepada Facebook, induk perusahaan Whatsapp.
tirto.id - Aplikasi WhatsApp menerapkan aturan baru bagi penggunanya. Salah satu syarat dalam ketentuan baru tersebut mengharuskan pengguna menyetujui bahwa WhatsApp akan membagi seluruh informasi dan data dari para penggunanya dengan Facebook, sebagai bagian dari keluarga perusahaan Facebook.

“Sebagai bagian dari keluarga Facebook, WhatsApp akan menerima dan membagi informasi dari dan kepada Facebook,” tulis WhatsApp dalam aturan barunya terkait kebijakan privasi pelanggan.

Kami dapat, lanjut WhatsApp, menggunakan informasi dan data yang kami terima dari Facebook dan mereka dapat menggunakan informasi dan data yang kami berikan “untuk membantu mengoperasikan, menyediakan, meningkatkan, memahami, menyesuaikan, mendukung dan memasarkan jasa kami dan beragam penawaran lainnya.”

Aturan baru ini menjadi kekhawatiran bagi para pengguna yang mengandalkan aplikasi WhatsApp untuk tetap terhubung dengan keluarga, kerabat maupun rekan kerja melalui pesan singkat.

Hal ini lantaran WhatsApp dinilai tidak melindungi privasi dan data penggunanya. Padahal, selama ini Whatsapp dikenal sebagai aplikasi yang berkomitmen menjaga privasi pelanggan dengan percakapan yang terenkripsi serta teknologi penting lainnya yang terintegrasi ke dalam aplikasi.

Namun pihak WhatsApp memastikan, informasi yang dapat mereka berikan kepada Facebook bukanlah isi percakapan—lantaran sudah terenkripsi—melainkan data pribadi seperti nomor telepon pengguna dan daftar kontak, nama dan gambar profil serta data diagnostik.

Khusus di Eropa, pihak WhatsApp memastikan pengguna tidak akan melihat perubahan apapun pada penggunaan data mereka, kendati mereka menyetujui persyaratan.

“Tidak ada perubahan pada praktik berbagi data WhatsApp di wilayah Eropa (termasuk Inggris) yang timbul dari Persyaratan Layanan dan Kebijakan Privasi yang diperbarui,” ujar seorang juru bicara, seperti dilansir Independent.co.uk.

Pembaruan terbaru yang sangat signifikan adalah WhatsApp menambahkan fitur baru yang memungkinkan orang berkomunikasi langsung dengan kontak bisnis, dan bisnis tersebut dapat bisa jadi yang diselenggarakan oleh Facebook.

Dan saat berkomunikasi dengan kontak bisnis tersebut, pesan sangat mungkin disimpan dan dikelola Facebook, kemudian dibagikan kepada perusahaan.

Berdasarkan aplikasi playstore, saat ini aplikasi WhatsApp sudah diunduh oleh 5 miliar pengguna android di seluruh dunia. Whatsapp diakuisisi Facebook pada 2014 dengan nilai 19 miliar dolar AS.


Baca juga artikel terkait APLIKASI WHATSAPP atau tulisan menarik lainnya Restu Diantina Putri
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Restu Diantina Putri
Editor: Dieqy Hasbi Widhana
DarkLight