Evakuasi Lion Diperpanjang, 41 Orang Basarnas Lanjutkan Pencarian

Oleh: Adi Briantika - 8 November 2018
"Untuk pencarian di darat, tim menyisir sepanjang garis pantai Tanjung Pakis sejauh 25 kilometer."
tirto.id - Sejumlah 41 personel Basarnas Special Group melanjutkan pencarian korban Lion Air JT-610. Jumlah ini berdasarkan data SAR Mission Coordinator (SMC) Basarnas DKI Jakarta per Kamis (8/11/2018).

Sedangkan total personel yang dikerahkan dalam proses evakuasi hari kesebelas ini ada 231 orang dengan rincian Basarnas 201 personel dan tim Disaster Victim Investigation (DVI) Polri sebanyak 30 personel. Untuk tim Palang Merah Indonesia disiagakan.

"Rencana operasi hari ini ialah menyiagakan tiga unit helikopter untuk pencarian melalui udara dan disiapkan untuk menyisir dalam radius 190 nautical mile, serta mengerahkan satu unit kapal Baruna Jaya I. Lantas, untuk pencarian di darat, tim menyisir sepanjang garis pantai Tanjung Pakis sejauh 25 kilometer," tulisnya.

Untuk luas area pencarian bawah laut, mereka melakukan pencarian di sejauh 1,8 kilometer persegi dari titik koordinat penemuan sinyal black box dan penyelaman dilakukan dalam radius 900 meter persegi.

Untuk pencarian di permukaan air, tim mencari di sepanjang garis Pantai Tanjung Karawang-Tanjung Pakis sejauh 35 nautical mile. Alat utama yang dikerahkan pada hari ini yakni tiga helikopter, 14 kapal dan sembilan unit ambulans.

Sebelumnya, Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Muhammad Syaugi mengatakan waktu evakuasi korban pesawat Lion Air JT-610 diperpanjang tiga hari.

“Kami mengevaluasi dengan beberapa masukan dari lapangan, lantas kami memutuskan operasi evakuasi pencarian korban kami perpanjang tiga hari, khusus untuk tim Basarnas,” ujar dia di Jakarta International Container Terminal (JICT) 2, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Baca juga artikel terkait LION AIR JATUH atau tulisan menarik lainnya Adi Briantika
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Adi Briantika
Penulis: Adi Briantika
Editor: Yulaika Ramadhani