Enam Calon Ketua Umum PSSI Dikeluarkan dari Ruangan Kongres

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 2 November 2019
Dibaca Normal 1 menit
Keenam caketum PSSI itu tidak diperkenankan mengikuti prosesi pemilihan karena dianggap tidak menghormati tata acara kongres dengan melakukan interupsi.
tirto.id - Enam calon ketua umum dikeluarkan dari ruangan kongres PSSI di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat, Sabtu (2/11/2019). Mereka yakni Fary Djemi Francis, Vijaya Fitriyasa, Sarman El Hakim, Aven S Hinelo, Yesayas Oktavianus, dan Benny Erwin.

Keenam caketum PSSI itu tidak diperkenankan mengikuti prosesi pemilihan karena dianggap tidak menghormati tata acara kongres dengan melakukan interupsi.

"Tadi setelah kami mau interupsi, Sekjen selaku pimpinan kongres bilang caketum yang tidak sepakat dengan agenda kongres silakan keluar. Ya sudah, kami keluar," tutur salah satu caketum, Fary Djemi Francis.

Kendati demikian, Fary menolak anggapan bahwa interupsi mereka menyalahi aturan. "Kami interupsi itu enggak boikot atau apa, cuma mau menyerahkan surat dan menanyakan beberapa hal."

"Surat untuk FIFA dan exco. Jadi isi surat itu saran kami mengenai apa yang harus dibenahi dari kongres. Tapi tiba-tiba kami didorong-dorong oleh security, dilarang menemui FIFA dan exco," lanjut dia.

Pernyataan serupa juga dilontarkan caketum PSSI lain, Vijaya Fitriyasa.

"Kami menyampaikan masukan baik-baik, supaya dijadikan catatan karena memang banyak yang kurang dari kongres ini. Kami cuma ingin FIFA tahu," ucap Vijaya.

Duduk perkara pengusiran tersebut, menurut keterangan Vijay, bermula ketika Plt Ketua Umum PSSI, Iwan Budianto selesai menyampaikan sambutan.

"Setelah itu Sekjen memimpin roll out dan setelah itu salah satu calon, pak Fary melakukan interupsi, membawa surat dan meminta penjelasan beberapa hal yang selama ini PSSI tidak pernah menjelaskan," kata dia.

Namun saat hendak interupsi, Fary dihalang-halangi petugas keamanan. Melihat kejadian ini, Vijay dan beberapa calon exco yang merasa sependapat dengan Fary ikut maju ke depan, sebelum akhirnya memutuskan keluar dari ruangan bersama.

Kronologi ini juga dibenarkan oleh caketum PSSI lain, Benny Erwin.

"Benar, tadi dihalang-halangi. Pak Fary sampai didorong. Saya ini ya, capek, empat kali ikut kongres selalu begini. Kami cuma mau perubahan," kata dia.

Hingga artikel ini dirilis, kongres masih berlangsung. Di dalam ruangan masih ada tiga caketum PSSI yang mengikuti kongres, yakni Rahim Soekasah, Arif Putra Wicaksono, dan Komjen Pol M Iriawan alias Iwan Bule.

Selain enam orang yang keluar dari ruangan, dua calon lain, Bernhard Limbong dan La Nyalla Mattalitti mengundurkan diri sebelum kongres.


Baca juga artikel terkait KONGRES PEMILIHAN KETUA UMUM PSSI atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)

Reporter: Herdanang Ahmad Fauzan
Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Gilang Ramadhan
DarkLight