Emas ke-15 Indonesia di SEA Games 2019 Diraih Cabor Senam Artistik

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 4 Desember 2019
Indonesia menorehkan 15 emas di klasemen perolehan medali SEA Games 2019 berkat tambahan dari cabor senam artistik.
tirto.id - Kontingen Indonesia resmi mengamankan medali emas ke-15 dalam gelaran SEA Games 2019 Filipina, Rabu (4/12/2019). Adalah Agus Prayoko, atlet senam artistik yang berhasil membuat lagu Indonesia raya diputar di Rizal Memorial Coliseum, Manila, Filipina.

Atlet peraih medali perunggu Asian Games 2018 ini menjadi yang terbaik dalam nomor men’s vault, nomor pertama yang dipertandingkan pada hari terakhir cabor senam artistik hari ini.

Agus menorehkan poin 14.734, unggul atas wakil tuan rumah, Carlos Yulo (14.700) yang harus puas dengan medali peraknya. Sementara medali perunggu akhirnya diraih kontingen Vietnam, Le Thanh Tung.

"Nilai plusnya di lompatan pertama, biasanya saya lompatan pertama stepnya lebih besar, hari ini lebih kecil," ujar Agus usai perlombaan, seperti dilansir Antara.

Medali yang diraih Agus menjadi emas kedua bagi kontingen senam artistik Indonesia secara keseluruhan. Sebelumnya, kontingen Indonesia lain, Rifda Irfanaluthfi sempat menjadi yang terbaik dalam nomor women’s vault yang dipertandingkan Selasa (3/12/2019) kemarin. Rifda mendulang poin 13.484 yang mengalahkan wakil Malaysia dan Vietnam.


Kontingen Indonesia untuk senam artistik masih berpeluang menambah medali karena sore ini masih akan ada empat nomor lain yang akan dilombakan, yakni balance beam putri, parallel bars putra, floor excercise putri dan horizontal bar putra.

Saat ini posisi Indonesia di klasemen perolehan medali secara keseluruhan masih stagnan di deret keempat. Dengan torehan 14 emas, 22 perak dan 24 perunggu, Indonesia tertinggal dari Malaysia yang berada di peringkat tiga dengan 19 emas, 9 perak dan 18 perunggu.


Baca juga artikel terkait SEA GAMES 2019 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Agung DH
DarkLight