Rifda Sabet Emas Pertama Kontingen Senam Artistik di SEA Games 2019

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 3 Desember 2019
Emas ke-12 Indonesia di SEA Games 2019 ditorehkan atlek senam artistik, Rifda Irfanaluthfi.
tirto.id - Kontingen Indonesia di SEA Games 2019 akhirnya mendulang medali emas ke-12 pada Selasa (3/12/2019) sore. Kali ini senam artistik, cabor yang sebelumnya belum menyumbang emas, muncul sebagai pemberi kabar gembira.

Rifda Irfanaluthfi, atlet yang turun pada nomor vault-women sukses menjadi yang terbaik dalam perlombaan yang dihelat di Kompleks Stadion Rizal Memorial, Manila. Rifda mencatatkan total poin 13.484.

Torehan tersebut melampaui wakil Malaysia, Yueh Tan Ing serta wakil Vietnam, Anh Do Thi Van yang masing-masing mendulang 13.300 dan 13.200 poin. Kedua atlet ini pun harus puas dengan capaian perak serta perunggu.

Bagi Rifda secara pribadi, capaian ini merupakan bukti konsistensinya. Sebab di SEA Games 2017 lalu Rifda juga menjadi salah satu aset tim senam artistik Indonesia dengan torehan satu emas, satu perak dan tiga perunggu. Rifda juga merupakan atlet penyumbang perak untuk Indonesia di Asian Games 2018.


Sedangkan untuk kontingen senam artistik secara keseluruhan, rapor ini adalah pengobat luka. Beberapa menit sebelum Rifda tampil Indonesia gagal meraih medali dalam nomor floor excecise putra. Muhammad Saputra, atlet yang jadi tumpuan Indonesia hanya bisa menempati peringkat tujuh. Posisi tiga besar diisi oleh Edriel Yulo Carlos (Filipina), Tikumporn Surintornta (Thailand) dan Zul Bahrin Mat Asri (Malaysia).

Kontingen Indonesia untuk senam artistik masih berpeluang menambah medali karena sore ini masih akan ada tiga nomor lain yang bakal dilombakan. Yakni pommel horse putra, uneven bars putri dan still rings putra.


Baca juga artikel terkait SEA GAMES 2019 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Agung DH
DarkLight