Piala Dunia 2018

Eks Tangan Kanan Luis Milla Jadi Asisten Fernando Hierro di Spanyol

Oleh: Ibnu Azis - 14 Juni 2018
Dibaca Normal 1 menit
Julián Calero menjadi asisten pelatih Luis Milla saat menjadi nahkoda Al-Jazira SCC klub asal Abu Dhabi.
tirto.id - Pelatih baru Tim Nasional (Timnas) Spanyol Fernando Hierro akan dibantu tiga staf di Piala Dunia 2018. Salah satunya, adalah Julián Calero Fernández, eks tangan kanan Luis Milla di Al-Jazira SCC.

"Julián Calero Fernández (1970) akan menjadi asisten pelatih Fernando Hierro, peran yang ideal dengan latar belakang sebagai pemain dan pelatih di banyak negara," pernyataan resmi Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF), Kamis (14/6/2018).

Sebelum menjadi Pelatih Indonesia, Luis Milla sempat menjadi nahkoda klub asal Abu Dhabi, Al-Jazira SCC di UAE Pro-League pada 2013. Marca menulis, di kompetisi liga sepak bola Uni Emirat Arab itu, ia dibantu Thomas Christiansen dan Julián Calero.

Transfermarkt mencatat, peran Calero di klub tersebut sebagai asisten pelatih dalam enam pertandingan. Berikutnya, ia melatih Atletico Pinto, asisten pelatih FC Porto dan Real Oviedo, hingga melatih CAD Navalcarneo sebelum ditunjuk sebagai staf Hierro di Rusia 2018.

Menariknya, Calero juga menjadi asisten pelatih legenda Real Madrid tersebut saat di Real Oviedo pada musim 2016-2017.

Selain Calero, Fernando Hierro akan dibantu oleh Carlos Marchena López sebagai penghubung federasi dalam Timnas Spanyol. Sebagai pemain, Marchena sarat pengalaman saat membawa Spanyol memenangkan Piala Eropa 2008 dan Piala Dunia 2010.

"Selanjutnya, Juan Carlos Martínez Castrejón (1966) akan menjadi pelatih training, posisi yang sebelumnya telah dia jalani di sejumlah klub papan atas," tulis RFEF.

Sehari sebelumnya, RFEF resmi menunjuk Fernando Hierro sebagai pelatih baru Timnas Spanyol menggantikan Julen Lopetegui yang dipecat Rabu (13/6).

"Fernando Hierro akan mengambil peran pelatih kepala Spanyol untuk Piala Dunia Rusia dan akan tampil di hadapan media bersama Presiden RFEF, Luis Rubiales," pernyataan resmi RFEF.

Setelah itu, mantan pemain Valladolid, Real Madrid, Al Rayyan, dan Bolton Wanderes ini akan memimpin sesi latihan pertama, Jumat (15/6) dan melakoni laga debut sebagai Pelatih Spanyol saat melawan Portugal, Sabtu (16/6).


Baca juga artikel terkait PIALA DUNIA 2018 atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Ibnu Azis
Editor: Ibnu Azis