Eks Jubir COVID Achmad Yurianto Dimakamkan secara Militer

Reporter: Farid Nurhakim - 22 Mei 2022 11:36 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Achmad Yurianto dinilai berjasa bagi Indonesia, utamanya saat awal masa pandemi. Yurianto wafat karena sakit kanker usus beserta komplikasinya.
tirto.id - Mantan Juru Bicara atau Jubir Satgas Penanganan COVID-19, Achmad Yurianto akan dimakamkan pagi ini, Minggu (22/5/2022) pukul 10.00 waktu setempat di pemakaman daerah Kota Batu, Malang, Jawa Timur.

“Rencana dimakamkan jam 10.00. Saya sedang menuju ke pemakaman di Batu, Malang,” kata Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito saat dikonfirmasi Tirto, Minggu (22/5/2022).

Di sisi lain, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) merasa kehilangan dengan berpulangnya almarhum.

Juru Bicara Kemenkes, Mohammad Syahril menuturkan, Yurianto telah banyak berjasa khususnya saat awal pandemi sebagai jubir Satgas Penanganan COVID-19.

“Keluarga besar Kemenkes merasa kehilangan dengan berpulangnya Pak Yurianto. Beliau telah banyak berjasa khususnya saat awal pandemi COVID-19 sebagai Juru Bicara COVID-19. Beliau piawai dalam menginformasikan dan mengkonunikasikan ke masyarakat, sehingga membuat masyarakat faham, tenang dan mematuhi prokes [protokol kesehatan] dalam bagian penanggulangan COVID-19,” tutur Syahril kepada Tirto.

Dia mengatakan almarhum sempat menjabat sebagai Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes serta aktif juga dalam menggerakkan vaksinasi COVID-19 di Tanah Air.

“Semoga semua itu menjadi bagian dari amal ibadah beliau dan kita doakan agar husnul khotimah. Amin,” ujar Syahril.

Mengutip Antara, Adik Ipar Achmad Yurianto, Odang menyebut bahwa sesuai informasi dan kesepakatan keluarga, almarhum akan dimakamkan pada pagi ini dengan menggunakan prosesi militer.

Rencananya, jenazah almarhum akan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Dadarejo kurang lebih pukul 10.00 Waktu Indonesia Barat (WIB).

“Iya, [dimakamkan secara militer], Minggu pagi di TPU Dadaprejo dekat sini,” ungkap Odang.

Sekretaris Direktorat Jenderal (Ditjen) Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi mengatakan Achmad Yurianto wafat pada Sabtu 21 Mei 2022 pukul 18.58 WIB di Malang, Jawa Timur.

"Almarhum wafat karena kanker usus, lalu stadium akhir jadi banyak komplikasinya," katanya.

Almarhum sempat menjalani perawatan intensif di RSPAD Jakarta sejak pertengahan April 2022, kemudian dirujuk ke RSUD Syaiful Anwar, Malang.

Yurianto merupakan purnawirawan TNI dengan pangkat terakhir kolonel. Selama ini ia mengabdi sebagai dokter militer.


Baca juga artikel terkait ACHMAD YURIANTO MENINGGAL DUNIA atau tulisan menarik lainnya Farid Nurhakim
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Farid Nurhakim
Penulis: Farid Nurhakim
Editor: Fahreza Rizky

DarkLight