Ekonomi Nasional Masih Andalkan Sektor Perkebunan

Oleh: Rima Suliastini - 28 April 2016
Kementerian Pertanian mengusulkan sektor perkebunan harus dioptimalkan karena saat ini masih menjadi andalan.
tirto.id - Ir Dedi Junaedi Msc selaku Direktur Pengelolaan dan Pemasaran Hasil Perkebunan Kementerian Pertanian menegaskan bahwa sektor perkebunan harus dioptimalkan, karena saat ini perkebunan masih menjadi andalan dalam meningkatkan perekonomian nasional.

Apalagi perkebunan kelapa sawit sangat besar peranannya dalam perekonomian nasional, katanya, saat membuka pertemuan koordinasi dan supervisi gerakan nasional penyelamatan sumber daya alam sektor perkebunan, di Palembang pada Kamis (28/4/2016).

Selain itu, Dedi juga menekankan sumber daya alam dalam mengelola perkebunan harus diperhatikan agar tidak merusak lingkungan.

"Peningkatan perekonomian melalui sektor perkebunan jangan sampai menimbulkan perusakan lingkungan," kata dia pula.

Karena itu, dia berharap dalam pertemuan ini mampu meningkatkan perekonomian secara lebih optimal tanpa merusak sumber daya alam yang ada.

Terkait hal itu, Gubernur Sumsel H Alex Noerdin juga menyatakan bahwa di daerah pimpinannya memiliki banyak areal perkebunan termasuk kelapa sawit.

Sektor perkebunan, lanjutnya, masih menjadi andalan dalam meningkatkan perekonomian daerah ini. Oleh karena itu, dia mengharapkan dengan adanya pertemuan ini dapat mengoptimalkan perkebunan yang ada.

"Pertemuan ini untuk mencegah kebocoran dalam mengelola sektor perkebunan," ujar Alex Noerdin. (ANT)

Baca juga artikel terkait PERKEBUNAN atau tulisan menarik lainnya Rima Suliastini
(tirto.id - Ekonomi)

Sumber: Antara
Penulis: Rima Suliastini
Editor: Rima Suliastini