Dukung AMIN, Din Syamsuddin Temui SP Bersama Ormas Islam

Reporter: Irfan Amin, tirto.id - 6 Nov 2023 21:49 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Eks Ketum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin menilai pemimpin Indonesia masa depan perlu memiliki wawasan tentang perubahan yang berakar pada nilai kebangsaan.
tirto.id - Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin bertemu Ketua Umum Nasdem Surya Paloh (SP) di Gedung Nasdem Tower hari ini. Kunjungan ini merupakan bagian dari rentetan safarinya ke Koalisi Perubahan diawali ke PKS, PKB dan Nasdem.

Din menerangkan bahwa dirinya dan rombongan pimpinan organisasi kemasyarakatan (ormas) islam menyatakan dukungan kepada Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar atau AMIN. Menurutnya, Anies dan Muhaimin yang mengusung Koalisi Perubahan selaras dengan visi dan misinya.

"Pemimpin Indonesia masa depan perlulah yang memiliki wawasan perubahan tentu bertumpu pada nilai-nilai kebangsaan," kata Din Syamsuddin dalam konferensi pers pada Senin (6/11/2023).

Din menjelaskan bahwa pihaknya tidak sendirian saat di Nasdem Tower. Dia membawa sejumlah perwakilan Ormas islam; Majelis Ulama Indonesia (MUI), Partai Muslimin Indonesia (Parmusi), DPP Al Khairat, PP Wanita Al Irsyad hingga Majelis Sinergi Kalam-Ikatan Cendekiawan Muslim Se-Indonesia (Masika ICMI)

"Ketika Nasdem usung restorasi dan dalam Pemilu dan Pilpres itu adalah pilihan yang tepat. Untuk itu Ormas Islam sesuai independensi masing-masing dapat memahami dan berada dalam pikiran sana," kata Din.

Dirinya mengaku sempat dihubungi oleh Prabowo Subianto dan tim dari Ganjar Pranowo yang diyakini berkaitan dengan dukungan Pilpres 2024. Namun hingga saat ini, Din menyebut komunikasi dengan dua bakal capres lainnya tak berlanjut dan tetap memilih bersama Anies dan Muhaimin.

"Pak Prabowo sempat mau berkunjung ke Ponpes saya tapi sampai saat ini belum jadi. Mas Hasto, sahabat saya, sempat ingin mempertemukan saya dengan Mas Ganjar tapi saat di Jakarta kita tidak sempat bertemu," kata dia.

Menanggapi pernyataan Din tersebut, Ketua DPP Partai Nasdem Effendi Choirie mengungkapkan bahwa Ketua Umum Surya Paloh telah menerima dukungan Din dan rombongan. Oleh karenanya dia mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada Din dan sejumlah tokoh lain yang telah mampir ke Nasdem Tower.

"Kami peroleh kekuatan energi, selain pikiran sekaligus doa supaya Nasdem konsisten dengan istilahnya dan istiqomah dengan pilihannya," kata sosok yang akrab disapa Gus Choi tersebut.



Baca juga artikel terkait DIN SYAMSUDDIN atau tulisan menarik lainnya Irfan Amin
(tirto.id - Politik)

Reporter: Irfan Amin
Penulis: Irfan Amin
Editor: Reja Hidayat

DarkLight