Pemilu Serentak 2024

DPP PPP Sebut Dukungan ke Anies Baswedan Hanya dari DPC Jakut

Reporter: Irfan Amin, tirto.id - 27 Sep 2022 12:14 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Awiek sebut dukungan ke Anies hanya spesifik dari DPC PPP Jakarta Utara, sehingga tak bisa jadi representasi suara PPP secara nasional.
tirto.id - Ketua DPP PPP, Achmad Baidowi mengungkapkan ada dukungan dari salah satu DPC partainya kepada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden pada Pemilu 2024. Pria yang akrab disapa Awiek ini tidak mempermasalahkan dukungan itu dan menganggapnya sebagai aspirasi biasa dari internal partai.

“Pak Anies hadir waktu Muskercab (Musyawarah Kerja Cabang) sebagai undangan pemateri dan disampaikan ada aspirasi dari teman-teman kepada Pak Anies," kata Awiek di Gedung DPR RI pada Selasa (27/9/2022).

Awiek menyebut dukungan yang diberikan kepada Anies hanya spesifik dari DPC PPP Jakarta Utara (Jakut). Sehingga menurutnya suara tersebut tidak bisa menjadi representasi suara PPP secara nasional.

“Kami ini ada 514 DPC seluruh Indonesia, sedangkan ini adalah representasi dari DPC, sehingga tidak bisa disebut mewakili PPP secara keseluruhan," ujarnya.

“Nanti DPC-DPC lainnya bisa kami dengarkan juga aspirasinya,” kata Awiek menjelaskan.

Awiek menyebut kehadiran Anies bukanlah suatu hal yang terlampau istimewa. Sehingga tidak ada kaitan dengan keputusan politik yang akan ditempuh PPP.

“Itu biasa saja. Karena kebetulan Muskercab ini digelar bersama seluruh Jakarta. Namun yang mendukung masih dari DPC DKI Jakarta," terangnya.

Hingga saat ini PPP kerap menunjukkan dukungan ke sejumlah pihak yang diundang ke acara internal mereka, seperti Sandiaga Uno hingga Anies Baswedan. Namun Awiek menjelaskan undangan tersebut belum menjadi hasil akhir karena segala keputusan akan diserahkan ke forum Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

“Walau bagaimanapun hasil akhir capres 2024 tetap diserahkan dalam musyawarah koalisi KIB," ungkapnya.


Baca juga artikel terkait PEMILU 2024 atau tulisan menarik lainnya Irfan Amin
(tirto.id - Politik)

Reporter: Irfan Amin
Penulis: Irfan Amin
Editor: Abdul Aziz

DarkLight