Donasi untuk Corona: Ronaldo dan Messi Bersatu Lawan COVID-19

Oleh: Beni Jo - 26 Maret 2020
Dibaca Normal 1 menit
Meski di atas lapangan berseteru, Ronaldo dan Messi bersatu melawan pandemi corona.
tirto.id - Dua pesohor sepak bola dunia, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi, bersatu untuk memerangi pandemi virus corona. Baik Ronaldo maupun Messi yang selama ini bersaing ketat di atas lapangan, telah mendonasikan sejumlah bantuan untuk melawan COVID-19.

Negaranya sendiri, Portugal, menjadi tempat bagi Cristiano Ronaldo untuk memberikan bantuan terkait virus corona yang saat ini sedang mewabah di hampir seluruh penjuru dunia.

Seperti dilaporkan oleh ESPN pada Selasa (24/3/2020), Ronaldo bersama agennya, Jorge Mendes, bakal mendanai pembangunan dua unit ruang perawatan intensif dari CHULN, rumah sakit pusat di Lisbon Utara dan sebuah ruang perawatan intensif rumah sakit Santo Antonio, yang terletak di Porto.

Pihak CHULN menyebutkan bahwa dua ruangan tersebut bakal memakai nama keduanya. Artinya, Ronaldo dan Mendes akan diabadikan untuk nama dari unit ini sebagai penghargaan atas partisipasi mereka atas aksi melawan COVID-19 ini.

"Kedua unit ini akan dilengkapi dengan sumbangan dari Mendes dan Ronaldo. Peralatannya meliputi tempat tidur, ventilator, monitor jantung, pompa dan jarum suntik infus, serta peralatan penting dalam perawatan pasien yang kritis akibat COVID-19.

"Unitnya sendiri akan memakai nama UCI Jorge Mendes dan UCI Cristiano Ronaldo, setelah COVID-19 [pandemi berakhir] akan dikonversikan dan akan tetap sebagai penguat untuk unit perawatan intensif, yang memiliki 31 tempat tidur sebelum pandemi virus corona, meningkatkan kapasitasnya menjadi 51 tempat tidur," ujar pernyataan CHULN yang membawahi RS Santa Maria dan RS Pulido Valente.

Sementara itu, Lionel Messi juga melakukan hal yang sama. Ia turut memberikan sumbangan dalam melawan pandemi virus corona.

Dilaporkan oleh Marca, pemain yang mendapatkan julukan La Pulga itu mendonasikan sejumlah satu juta euro bagi dua rumah sakit yang masing-masing berada di Barcelona serta Argentina.

Pihak RS di Barcelona, yakni Hospital Clínic, pun tidak lupa menyatakan rasa terima kasih terkait bantuan yang diberikan oleh Messi untuk mereka.

"Leo Messi memberikan sumbangan ke klinik untuk melawan virus corona. Terima kasih banyak, Leo, atas komitmen dan dukungannya," tulis Hospital Clínic, seperti dikutip dari akun Twitter resmi.

Selama ini, kedua pemain memang menjadi rival, apalagi ketika Ronaldo masih berseragam Real Madrid. Duel El Clasico menjadi panggung rivalitas itu yang selalu diwarnai dengan aksi-aksi heroik dan provokasi.

Namun, dengan terjadinya pandemi virus corona, Ronaldo dan Messi akhirnya bersatu demi melawan COVID-19 melalui donasi yang diberikan meskipun melalui rumah sakit yang berbeda.


Baca juga artikel terkait VIRUS CORONA atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Ibnu Azis
DarkLight