Distribusi Logistik Pemilu di Banggai Lambat karena Staf KPU Lamban

Oleh: Adi Briantika - 17 April 2019
Karopenmas Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan keterlambatan pendistribusian logistik pemilu itu karena staf KPU yang lamban melipat surat suara.
tirto.id - Keterlambatan pendistribusian logistik pemilu oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, mengakibatkan 11 kecamatan di daerah terancam tidak bisa melakukan pencoblosan.

Keterlambatan itu berlangsung sejak kemarin. Karopenmas Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan keterlambatan itu karena staf KPU yang lamban melipat surat suara.

“Karena keterlambatan dari pelipatan surat suara oleh staf KPU. Hari ini pemilu diupayakan tetap berjalan di sana,” ujar dia di Mabes Polri, Rabu (17/4/2019).

Dedi menambahkan secara umum situasi keamanan dan ketertiban masyarakat se-Indonesia dalam pelaksanaan pemilu terkendali.

“Dari Aceh sampai Papua cukup kondusif,” kata dia.

Sementara itu, dikutip dari Antara melihat kondisi keterlambatan itu, Kapolres Banggai, AKBP Moch Sholeh dan Kajari Banggai Ramdhanu Dwiantoro di Luwuk, Selasa petang, turun langsung ke lokasi untuk mengawasi proses pengepakan dan pendistribusian logistik pemilu di KPU Banggai.

Kedua anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) ini tampak memarahi sejumlah komisioner dan Sekretariat KPU Banggai yang dinilai lamban dalam menangani pengepakan dan pendistribusian logistik ke 23 kecamatan di Kabupaten Banggai.

Bahkan, saking lambannya gerakan KPU dalam melakukan pengepakan, Ramdhanu sempat mengancam akan memerintahkan anggotanya untuk memeriksa penggunaan anggaran di KPU atas alasan kurangnya personel pengepakan logistik pemilu.

"Kami datang ke sini hanya ingin membantu, biar cepat selesai karena ini sudah siang, sementara besok sudah voting day," kata Sholeh.


Baca juga artikel terkait PEMILU 2019 atau tulisan menarik lainnya Adi Briantika
(tirto.id - Politik)

Reporter: Adi Briantika
Penulis: Adi Briantika
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight