Dishub Depok Tempatkan Duta Lalu Lintas Atasi Kemacetan

Reporter: Riyan Setiawan - 15 Jul 2019 17:53 WIB
Sejumlah upaya untuk mengurai kemacetan di jalan dengan menempatkan duta lalu lintas di traffic light.
tirto.id - Kabid Bimkestib Dishub Kota Depok, Agus Tamim mengatakan akan menambah duta-duta keselamatan lalu lintas perempuan di setiap traffic light untuk mengatasi kemacetan.

Beberapa elemen yang dilibatkan seperti polisi wanita, Dishub, dan Satuan Polisi Pamong Praja yang akan bertugas di beberapa titik kemacetan.

Hal tersebut kata dia, merupakan upaya memperlancar arus lalu lintas di Depok. Upaya lain juga ditempuh yakni terkait lagu yang diperdengarkan kepada pengendara di traffic light melalui speaker dan memasang CCTV persimpangan jalan.

"Iya petugas yang perempuan ya. Pokoknya bagaiaman agar masyarakat seneng [menunggu di traffic light] lah," ujar dia kepada Tirto, Senin (15/7/2019).


Selain itu, dalam mengantisipasi kemacetan di Depok yang kian padat, Dishub juga akan melakukan penertiban dan juga pengaturan lalu lintas di beberapa titik kemacetan.

Seperti di beberapa stasiun yang terdapat ojek online mangkal dan menaikan hingga menurunkan penumpang di badan jalan. Hal itu memicu kemacetan di jalan.

"Nanti kami imbau dan ditertibkan. Misal sebulan sekali melakukan ketertiban," ujar dia.

Agus juga mengatakan, upaya Pemkot Depok agar para ojek online tidak menaruh dan mengambil penumpang sembarangan. Kemudian, ojol didorong menggunakan selter khusus untuk tempat antar dan jemput penumpang.

"Bisa kami gunakan selter sebagai solusinya," ujar dia.



Baca juga artikel terkait DEPOK atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Zakki Amali

DarkLight