Dishub Depok akan Rekayasa Lalin di Jalan Margonda Atasi Macet

Reporter: Fadiyah Alaidrus - 16 Jul 2019 13:11 WIB
Kadishub Depok, Dadang Wihana menyebutkan manajemen rekayasa lalu lintas yang tepat untuk mengatasi kemacetan yang ada di sepanjang jalan Margonda Raya.
tirto.id - Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Depok, Dadang Wihana akan melakukan manajemen rekayasa lalu lintas yang tepat untuk mengatasi kemacetan di sepanjang Jalan Margonda Raya.

Hal tersebut dilakukan selain melakukan kebijakan memutar lagu di lampu merah untuk mengurangi tingkat stres para pengemudi di Depok, Jawa Barat.

"Mengingat kapasitas jalan tidak mungkin bertambah. Sedangkan kendaraan terus bertambah," ujarnya kepada Tirto, Selasa (16/7/2019).

Dirinya menjelaskan, beberapa hambatan tersebut seperti banyaknya parkir yang ada di bahu jalan sehingga mengakibatkan kemacetan yang membuat warga mengeluh.

"Parkir ojek online akan kami coba fasilitasi untuk penyediaan shelter, kerja sama dengan aplikator dan dunia usaha agar tersedia shelter," ucapnya.

Selain itu, Pemerintah Kota Depok saat ini juga tengah membuat kajian terkait koridor angkutan umum berbasis rel yang disesuaikan dengan kondisi Kota Depok.

Tak hanya itu, bahkan kata dia, untuk mengatasi kemacetan di Depok, Pemkot akan membangun underpass di sepanjang jalan Dewi Sartika.

Terkait biayanya, kata dia, tak hanya dari Pemkot saja. Tetapi juga cost sharing dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

"Hal ini untuk merespons headway kereta 3 sampai 5 menit saat ini yang timbulkan kemacetan," pungkasnya.



Baca juga artikel terkait DEPOK atau tulisan menarik lainnya Fadiyah Alaidrus
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Fadiyah Alaidrus
Penulis: Fadiyah Alaidrus
Editor: Maya Saputri

DarkLight