Didukung Purnawirawan TNI-Polri, Jokowi: Saya Berterima Kasih

Oleh: Riyan Setiawan - 10 Februari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Capres nomor urut 01, Joko Widodo akan memanfaatkan dukungan purnawirawan TNI-Polri sebaik-baiknya untuk memenangkan Pilpres 2019.
tirto.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi para purnawirawan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) yang telah mengundang dan mendeklarasikan diri mereka untuk mendukungnya dalam Pilpres 2019.

Hal tersebut ia sampaikan saat berpidato saat menghadiri acara deklarasi dan silaturahmi purnawirawan TNI-Polri dengan Presiden Indonesia di Jakarta International Expo, Jakarta Pusat, Minggu (10/2/2019).

"Saya berterima kasih atas dukungan yang diberikan kepada semua purnawirawan yang hadir dalam acara ini. Karena mendukung saya dan Pak Ma'ruf Amin," ujarnya saat di atas panggung, Minggu, (10/2/2019).


Jokowi mengaku, dukungan positif ini memiliki tujuan agar melanjutkan kerja kembali yang telah dibangunnya selama hampir 5 tahun. Jadi, kata Jokowi, dukungan ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Kemudian ia juga sempat bercerita mengenai pembangunan infrastruktur yang ada di beberapa daerah. Selama masa kepemimpinannya, ia mengatakan pembangunan yang dilakukan bukan hanya terpusat di Jawa, tetapi seluruh Indonesia.

"Di awal kita akan membangun Indonesia sentris bukan Jawa sentris. Oleh sebab itu, kami putuskan bahwa yang dibangun dan konsentrasi pada di infrastruktur. Kemudian tahapan besar kedua akan kita masuk pada pembangunan sumber daya yang juga akan kita kerjakan secara besar besaran," ucap Jokowi.

Sebelum Jokowi tiba di acara pada pukul 17.30 WIB. Menteri Koordinator Kemaritiman yang juga merupakan purnawirawan Jenderal TNI, Luhut Binsar Panjaitan telah hadir.

Pada kesempatan itu, Luhut menyampaikan, kinerja Presiden Jokowi selama ini adalah pencapaian yang nyata dan tidak bohong.

Luhut juga menyampaikan, selama masa Jokowi, pemerintahan selalu memegang janjinya. Apalagi, tidak pernah melanggar sumpah yang ada.

"Saya kira, kita ikut dalam proses pengambilan keputusan. Kita tidak mungkin mengkhianati janji dan sumpah," ucap Luhut.

Tak hanya Luhut, Jokowi juga didampingi oleh Menkopolhukam Wiranto. Sebagaimana diketahui Wiranto merupakan mantan Panglima Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI).

Acara tersebut juga dihadiri oleh ribuan purnawirawan TNI-Polri. Di antaranya hadir Laksamana TNI (Purn) Arief Koeshariadi, Laksamana Madya TNI (Purn) Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi, serta Mantan Kapolri Jenderal Pol (Purn) Da'i Bachtiar dan Timur Pradopo.


Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Politik)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Zakki Amali