STOP PRESS! Hatta Taliwang Ditangkap, Diduga Lakukan Ujaran Kebencian

Demo 2 Desember Usai, Kemenhub Siapkan 300 Bus

Sumber: antara
02 Desember, 2016 dibaca normal 1 menit
Demo 2 Desember Usai, Kemenhub Siapkan 300 Bus
Ribuan umat Islam melaksanakan salat Jumat saat Aksi Bela Islam III di kawasan silang Monas, Jakarta, Jumat (2/12). ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/aww/16.
tirto.id - Puluhan ribu peserta demo 2 Desember atau Aksi 212 yang dipusatkan di Monumen Nasional (Monas) berangsur-angsur meninggalkan lokasi pada Jumat (2/12/2016) siang tidak lama setelah Salat Jumat bersama. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pun sudah menyiapkan 300 bus untuk mengangkut para peserta Aksi Bela Islam III ke rumahnya masing-masing.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Kementerian Perhubungan, Bambang S Ervan, yang mengatakan bahwa saat ini sejumlah 200 unit bus telah siap di Stadion Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta, dan 100 unit bus lainnya disiagakan untuk cadangan dan sewaktu-waktu bisa dipergunakan.

"Pagi tadi, Pak Menhub Budi Karya Sumadi telah melakukan pengecekan terhadap kondisi bus-bus tersebut," kata Bambang S Ervan.

Aksi Bela Islam III yang digelar di Monas, Jakarta Pusat, diikuti oleh puluhan ribu orang yang datang dari berbagai daerah. Selain di Monas, massa aksi juga memenuhi kawasan Bundaran Bank Indonesia sejak pagi untuk melaksanakan Salat Jumat dan doa bersama.

Dalam kesempatan itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara langsung telah menemui massa peserta aksi di Monas bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla dan sejumlah pejabat tinggi negara terkait. Bahkan, rombongan presiden juga turut melaksanakan Salat Jumat di Monas dan sempat memberikan sambutan yang disambut positif oleh peserta aksi.

“Saya ingin memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya karena seluruh jamaah yang hadir tertib dalam ketertiban sehingga acaranya semuanya bisa berjalan dengan baik,” demikian penggalan pidato Presiden Jokowi.

“Sekali lagi terima kasih dan selamat kembali ke tempat asal masing-masing, ke tempat tinggal masing-masing, terima kasih,” tutup presiden yang disambut pekik takbir oleh peserta aksi.

(tirto.id : isw/isw)

Keyword