Debat Kedua Capres, TKN Yakin akan Diserang Soal Utang Indonesia

Oleh: Felix Nathaniel - 14 Februari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Juru Bicara Tim Kampanye Nasional Joko Widodo-Ma’ruf Amin, Ace Hasan Syadzily mengatakan pihak Prabowo akan menyerang soal utang Indonesia saat bahas soal infrastruktur.
tirto.id - Juru Bicara Tim Kampanye Nasional Joko Widodo-Ma’ruf Amin, Ace Hasan Syadzily meyakini debat kedua akan didominasi oleh capres nomor urut 01. Alasannya, tema debat pertama adalah infrastruktur dimana Jokowi mempunyai rekam jejak yang cukup kuat di bidang tersebut.

Ace mengatakan Jokowi telah membangun infrastruktur bukan hanya di Jawa, tetapi juga di seluruh daerah Indonesia, terutama di daerah perbatasan.

Satu hal yang Ace percaya akan menjadi serangan ke Jokowi adalah pembiayaan infrastruktur dari utang Indonesia. Namun, politikus Golkar ini percaya Jokowi akan tetap unggul.

“Kubu 02 pasti akan nyinyir pada hal-hal yang klise soal dominasi BUMN dalam pembangunan infrastruktur, soal pembiayaan infrastruktur yang disebut mereka banyak dari sumber utang, soal kemahalan biaya infrastruktur, kualitas infrastruktur sampai dengan kasus-kasus korupsi dalam proyek infrastruktur. Pak Jokowi sudah sangat siap dengan serangan itu bahkan akan membuat serangan balik yang sangat tajam,” ucap Ace dalam keterangan tertulis kepada Tirto, Kamis (14/2/2019).

Ace menyampaikan bahwa pada debat kali ini, Jokowi juga akan menyampaikan tentang visi pembangunan infrastruktur ke depan. Nantinya, pembangunan ini diharapkan dapat memajukan kawasan pedesaan dan ekonomi pengusaha UMKM.

“Dalam melanjutkan pembangunan infrastruktur agar lebih merata, Pak Jokowi tidak hanya mengandalkan dana APBN tapi juga mengembangkan pembiayaan kreatif dan inovatif yang melibatkan swasta, BUMN dan BUMD,” tegas Ace lagi.

Debat calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) 2019 tahap kedua akan digelar pada Minggu (17/2/2018) di Hotel Fairmont, Senayan, Jakarta. Debat yang memiliki tema energi dan pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup ini disiarkan oleh RCTI, GTV, MNC TV, dan INews TV.

Debat ini akan dipandu oleh Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki sebagai moderator.

Berbeda dengan debat pertama yang berlangsung pada 17 Januari 2019 lalu, debat kedua pilpres 2019 ini hanya akan melibatkan capres nomor urut 01 dan 02, yaitu Joko Widodo dan Prabowo Subianto.


Baca juga artikel terkait DEBAT PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Felix Nathaniel
(tirto.id - Politik)

Reporter: Felix Nathaniel
Penulis: Felix Nathaniel
Editor: Maya Saputri