tirto.id - Video musik “DDU-DU DDU-DU” milik BLACKPINK jadi video musik (MV) K-Pop group yang paling banyak ditonton dengan 617,8 juta penayangan di YouTube hingga hari ini, Senin (21/1/2019).
Dalam data yang ditulis oleh Kworb.net, dengan jumlah tersebut, “DDU-DU DDU-DU” berhasil melampaui video musik “DNA” milik BTS yang sebelumnya memegang rekor sebagai video musik K-Pop group yang paling banyak ditonton di YouTube.
Video musik “DNA” milik BTS sendiri memiliki 616,7 juta penayangan hingga hari ini, Senin (21/1/2019).
Jika dibandingkan dengan “DDU-DU DDU-DU” milik BLACKPINK, maka kedua lagu tersebut memiliki selisih 1,1 juta kali penayangan.
Sebelumnya, “DDU-DU DDU-DU” telah berhasil mematahkan rekor “DNA” sebagai video musik K-Pop group tercepat yang menyentuh 600 juta penayangan di YouTube.
Hal tersebut dikarenakan “DDU-DU DDU-DU” memiliki durasi lebih singkat untuk menyentuh 600 juta penayangan, yakni hanya 211 hari (6 bulan 28 hari), terhitung sejak pertama kali diunggah ke YouTube pada 15 Juni 2018 sampai dengan 13 Januari 2019.
Sedangkan “DNA” mencapainya dalam kurun waktu 478 hari (1 tahun 22 hari), terhitung sejak diunggah ke YouTube pada 18 September 2017 sampai dengan 9 Januari 2019.
Meskipun rekornya dipatahkan, “DNA” masih memegang catatan sebagai MV K-pop group pertama yang berhasil mendulang 600 juta penayangan.
Sedangkan untuk rekor video musik K-Pop dengan jumlah penayangan terbanyak hingga hari ini, Senin (21/1/2019) masih dipegang oleh PSY “Gangnam Style” dengan 3,2 miliar kali penayangan di YouTube, diikuti dengan lagu PSY yang lain, yaitu “Gentleman” dengan jumlah 1,2 miliar kali penayangan.
Di posisi ketiga masih dipegang PSY feat Hyuna dengan lagunya “Gangnam Style” atau오빤 딱 내 스타일(Oppan Ddak Nae Style) dengan jumlah 731 juta kali penayangan. Baru di posisi keempat terdapat BLACKPINK “DDU-DU DDU-DU”, dan posisi kelima diisi oleh “DNA” milik BTS.
Melansir Soompi, selain tercatat sebagai video musik K-Pop group tercepat yang meraih 600 juta penayangan di YouTube, “DDU-DU DDU-DU” juga tercatat sebagai MV K-pop group tercepat yang menyentuh 150 juta penayangan, 200 juta, 250 juta, 400 juta, 450 juta, 500 juta, hingga 550 juta penayangan.