Menuju konten utama

DDU-DU DDU-DU Ditonton 600 Juta Kali, BLACKPINK Patahkan Rekor BTS

Video musik (MV) "DNA" BTS di YouTube mendulang 600 juta penayangan dalam 478 hari, "DDU-DU DDU-DU" BLACKPINK hanya 211 hari.

DDU-DU DDU-DU Ditonton 600 Juta Kali, BLACKPINK Patahkan Rekor BTS
Blackpink. FOTO/Instagram/blackpinkofficial

tirto.id - DDU-DU DDU-DU BLACKPINK pada Minggu (13/1/2019) menjadi video musik (MV) K-pop group tercepat yang menyentuh 600 juta penayangan di YouTube. Pencapaian ini mematahkan rekor MV DNA dari BTS.

Sebelumnya, DNA memegang catatan itu pada Rabu (9/1) lalu, yang dicapai dalam kurun waktu 478 hari (1 tahun 22 hari), terhitung sejak diunggah ke YouTube pada 18 September 2017 sampai dengan 9 Januari 2019.

DDU-DU DDU-DU berhasil mematahkan rekor DNA lantaran memiliki durasi lebih singkat, yakni hanya 211 hari (6 bulan 28 hari), terhitung sejak diunggah ke YouTube pada 15 Juni 2018 sampai dengan 13 Januari 2019.

Meskipun rekornya dipatahkan, DNA masih memegang catatan sebagai MV K-pop group pertama yang berhasil mendulang 600 juta penayangan. Setali tiga uang, DDU-DU DDU-DU juga jadi yang pertama untuk kategori girl group.

Sejak dirilis, DDU-DU DDU-DU memang seketika menarik perhatian para penikmat musik K-pop global. Di YouTube, MV DDU-DU DDU-DU berhasil menembus 20 juta penayangan dalam 14 jam sejak diunggah.

Catatan ini sekaligus menjadi yang tercepat untuk kategori MV K-pop girl group di angka 20 juta penayangan, yang sebelumnya dipegang oleh TWICE dengan What Is Love? (35 jam 30 menit).

Usai rekor tersebut, BLACKPINK terus menunjukkan kenaikkan jumlah penayangan yang cukup signifikan. Melansir Soompi, DDU-DU DDU-DU juga tercatat sebagai MV K-pop group tercepat yang menyentuh 150 juta penayangan, 200 juta, 250 juta, 400 juta, 450 juta, 500 juta, dan 550 juta.

Dengan 600 juta kali penayangan dalam 211 hari, jika dihitung secara sederhana, maka MV DDU-DU DDU-DU ditonton rata-rata 2,7 juta kali dalam sehari pada kurun waktu tersebut.

Sementara DNA yang menyentuh angka itu dalam 478 hari, maka MV tersebut mendulang rata-rata 1,2 juta kali penayangan dalam sehari.

Baca juga artikel terkait K-POP atau tulisan lainnya dari Syarifah Aini

tirto.id - Musik
Penulis: Syarifah Aini
Editor: Agung DH