Dari Tencent, Google Hingga Warburg Dukung Nadiem Jadi Menteri

Oleh: Ringkang Gumiwang - 22 Oktober 2019
Dibaca Normal 1 menit
Sejumlah investor asing di PT Gojek Indonesia mendukung keputusan Nadiem Makarim—CEO Gojek Indonesia—untuk bergabung dan menjadi salah satu menteri di Kabinet Kerja Jilid II Presiden Jokowi.
tirto.id - Sejumlah investor asing di PT Gojek Indonesia mendukung keputusan Nadiem Makarim—CEO Gojek Indonesia—untuk bergabung dan menjadi salah satu menteri di Kabinet Kerja Jilid II Presiden Jokowi.

Poshu Yeung, Vice President International Business Group of Tencent mengucapkan selamat kepada Nadiem atas posisi barunya. Dia juga tidak ketinggalan mengucapkan selamat kepada Andre Soelistyo dan Kevin Aluwi sebagai Co-CEO baru.

Poshu menambahkan saat ini Gojek telah berhasil menjadi pemimpin pasar di bisnis ride hailing di Indonesia, dan terus berekspansi di beberapa bidang seperti pengiriman makanan dan pembayaran digital.

“Kami meyakini kemitraan dengan Andre dan Kevin ke depannya akan membawa Gojek ke level berikutnya, baik di Indonesia maupun di Asia Tenggara,” katanya sebagaimana dikutip dari siaran pers Gojek, Selasa (22/10/2019).

Hal yang sama juga diutarakan Jeffrey Perlman, Managing Director Head of Southeast Asia Warburg Pincus. Menurut Jeffrey, Andre dan Kevin memiliki peran kunci dari perkembangan Gojek selama ini.

“Saya menghormati [keputusan] Nadiem dan memberi tepuk tangan kepadanya. Saya juga yakin Gojek akan terus berkembang menjadi pemain global sejati di tangan Andre dan Kevin yang cakap,” jelasnya.

Sementara itu, Co-Head of Asia Pacific Private Equity and Head of Southeast Asia at KKR Ashish Shastry menilai ekspansi Gojek selama ini luar biasa, baik di dalam negeri maupun di ranah internasional.

“Secara pribadi, saya kenal Andre, Kevin dan Nadiem sejak Gojek berdiri. Saya sangat yakin bahwa mereka semua akan memberikan dampak yang langgeng dalam peran baru mereka,” jelasnya.

Managing Director Sequoia Capital (India) Singapore Shailendra Singh menilai Gojek telah memberikan dampak yang luar biasa bagi ekonomi Indonesia, sejak Sequoia bermitra dengan Gojek pada 2015.

Untuk itu, lanjut Shailendra, ia optimistis dengan masa depan Gojek dalam berkontribusi secara berkelanjutan baik dari sisi perekonomian maupun kepada masyarakat Indonesia secara langsung.

“Kami juga berterimakasih kepada Nadiem atas kepemimpinan visionernya tentang Gojek sejak didirikan. Tetapi kami juga optimis Andre dan Kevin akan memimpin perusahaan ke tingkat yang lebih tinggi,” tuturnya.

Google juga tak ketinggalan mengucapkan selamat bagi Andre dan Kevin. General Manager and VP, Payments and Next Billion Users Google, Caesar Sengupta mengatakan Google akan terus melanjutkan kemitraan dengan Gojek seiring dengan beralihnya dapuk kepemimpinan dari Nadiem ke Andre dan Kevin.


Baca juga artikel terkait NADIEM MAKARIM atau tulisan menarik lainnya Ringkang Gumiwang
(tirto.id - Bisnis)

Penulis: Ringkang Gumiwang
Editor: Hendra Friana
DarkLight