Daniel Kaluuya: Pemenang Oscar 2021 dan Jejak Kariernya

Kontributor: Dede Mudopar, tirto.id - 26 Apr 2021 15:57 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Daniel Kaluuya menjadi Aktor Pendukung Terbaik dalam ajang Oscar berkat perannya sebagai Fred Hampton.
tirto.id - Aktor kelahiran Inggris, Daniel Kaluuya, berhasil menjadi Aktor Pendukung Terbaik dalam ajang Oscar atau Academy Awards 2021 yang digelar pada Minggu (25/4/2021) waktu Amerika Serikat. Daniel meraih penghargaan itu berkat perannya sebagai Fred Hampton dalam film Judas and the Black Messiah arahan sutradara Shaka King.

Sebagaimana dilansir Variety, ini adalah kemenangan Oscar pertamanya dan nominasi keduanya setelah dia masuk dalam kategori aktor terbaik dalam film Get Out karya Jordan Peele pada ajang Oscar 2018.

Dalam ajang bergengsi itu, Kaluuya berhasil menyingkirkan aktor lainnya dalam nominasi Best Supporting Actor di antaranya Sacha Baron Cohen (The Trial of the Chicago 7), Leslie Odom Jr. (One Night in Miami), Paul Raci (Sound of Metal) dan Lakeith Stanfield (Judas and the Black Messiah).

Dalam pidatonya, Kaluuya berterima kasih kepada para pemain, kru, dan produser di balik Judas and the Black Messiah. Dia juga memberikan penghormatan kepada Hampton dan seluruh Partai Black Panther.

"(Hampton) Pria yang luar biasa. Pria yang luar biasa. Betapa diberkatinya kita bahwa kita hidup dalam kehidupan di mana dia ada. Kamu tahu apa maksudku? Terima kasih atas cahayanya. Dia berada di dunia ini selama 21 tahun, dan dia menemukan cara untuk memberi makan anak-anak sarapan," ujar Kaluuya dalam pidatonya seperti dikutip Variety.

"Mendidik anak-anak, memberikan perawatan medis gratis, melawan segala rintangan. Dia menunjukkan kepada saya, dia mengajari saya, dia, Huey P. Newton, Bobby Seale, Partai Black Panther, mereka menunjukkan cara mencintai diri saya sendiri. Dan dengan cinta itu, mereka melimpahkannya ke komunitas Black dan komunitas lainnya," lanjutnya.

"Dan mereka menunjukkan kepada kami kekuatan dalam persatuan. Saat mereka bermain divide and conquer, kami mengatakan bersatu dan bangkit.” tambah Kaluuya.

Fred Hampton merupakan tokoh revolusioner kulit hitam di Amerika Serikat berusia 21 tahun yang tewas dalam operasi penyerangan pada tahun 1969.


Jejak Karier Daniel Kaluuya

Dalam Judas and the Black Messiah, Kaluuya berperan bersama LaKeith Stanfield memerankan Bill O'Neal, seorang informan FBI yang mengkhianati Hampton. Peran yang dimainkan oleh Stanfield membawa dirinya masuk dalam nominasi Aktor Pendukung Terbaik. Film yang dirilis pada 12 Februari 2021 itu juga menghadirkan Jesse Plemons, Dominique Fishback dan Dominique Thorne.

Kaluuya memulai kariernya dalam dunia perfilman pada 2006 ketika dia mendapatkan peran dalam film Shoot the Messenger. Setelah itu, dia terlibat dalam serial Skins. Dia juga dapat peran dalam serial Johnny English Reborn serta dalam serial The Fades yang tayang pada 2011. Sempat membintangi film Kick-Ass 2 dan Welcome to the Punch sebelum akhirnya dia mendapatkan perannya dalam Get Out.

Nama Daniel Kaluuya semakin dikenal publik sejak ia memerankan Chris Washington dalam film Get Out. Perannya dalam film yang disutradarai oleh Jordan Peele itu membawa dirinya masuk dalam nominasi Aktor Pemeran Utama Terbaik dalam Oscar 2018.

Kemudian dia mengambil peran dalam film superhero dari Marvel Comics, Black Panther, yang dirilis pada 2018 karya Ryan Coogler. Dalam film yang dibintangi oleh Chadwick Boseman itu Kaluuya memerankan tokoh W’Kabi.

Masih di tahun yang sama, Kaluuya turut berperan dalam film Widows yang disutradarai oleh Steve McQueen. Setahun kemudian, dia mendapatkan peran utama bersama Jodie Turner-Smith dalam film Queen & Slim karya Melina Matsoukas.

Setelah Judas and the Black Messiah, dia saat ini dikabarkan sedang terlibat dalam proyek film karya Jordan Peele dan film The Upper World.


Baca juga artikel terkait OSCAR 2021 atau tulisan menarik lainnya Dede Mudopar
(tirto.id - Film)

Kontributor: Dede Mudopar
Penulis: Dede Mudopar
Editor: Alexander Haryanto

DarkLight