tirto.id - Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya telah menggelar daftar ulang Ujian Masuk Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (UM PTKIN) pada 20 sampai dengan 26 Juni 2021.
Bagi mahasiswa yang lulus melalui UMPTKIN ke UIN Sunan Ampel Surabaya diwajibkan melakukan daftar ulang secara online melalui laman pmb.uinsby.ac.id/login.
Selain melakukan daftar ulang, di tanggal tersebut calon mahasiswa baru UIN Surabaya juga diwajibkan untuk melakukan pengisian borang daftar ulang atau dokumen untuk penetapan Uang Kuliah Tunggal (UKT).
Cara mengisi data untuk daftar ulang, yaitu calon mahasiswa baru menggunakan User-ID No peserta UMPTKIM dan PIN/password tanggal lahir (ddmmyyyy).
Kemudian, lengkapi biodata yang masih kosong. Setelah itu, pilih menu "Simpan" dan lakukan finalisasi pada menu "Finalisasi". Selanjutnya, pilih menu "Daftar Ulang".
Jumlah total prodi yang ditawarkan oleh UIN Surabaya, yaitu sebanyak 36 prodi. Berikut ini persyaratan daftar ulang calon mahasiswa baru UIN Surabaya sebagaimana yang dikutip dari laman resmi UIN Surabaya.
Persyaratan daftar ulang calon mahasiswa baru UIN Surabaya
1. Kelengkapan yang harus diunggah adalah:
- Pernyataan penghasilan orang tua (ayah dan/atau ibu – jika kedua orang tua bekerja, menjadi 1 file dalam bentuk PDF);
- Pernyataan Tanggungan Keluarga;
- Foto rumah (tampak dari luar, kondisi di dalam rumah: ruang tamu, ruang makan, ruang tidur, ruang dapur, kamar mandi). Karena photo lebih dari satu, maka upload dalam format PDF;
- Hasil scan Kuitansi Pembayaran Listrik terbaru;
- Hasil scan Kuitansi pembayaran air (jika langganan air PDAM);
- Hasil scan Surat Pemberitahuan Pajak Bumi dan Bangunan;
- Surat keterangan kepemilikan kendaraan bermotor;
- Hasil scan Kartu Susunan Keluarga;
- Hasil scan Kartu Keluarga Sejahtera (bila ada);
- Bukti permohonan KIP-K (bila ada);
- Hasil scan Surat Keterangan Lulus (SKL), atau hasil scan ijazah bagi lulusan 2020 dan 2019;
- Pas foto Calon Mahasiswa Baru (CAMABA) gunakan photo pendaftaran UMPTKIN dan upload pada form biodata.
- Surat pernyataan kebenaran data/dokumen yang diunggah dan dibubuhkan materai. Contoh form yang diperlukan dapat diunduh pada link ini.
2. Pengumuman penetapan UKT tanggal 2 Juli 2021 dapat dilihat pada akun masing-masing di pmb.uinsby.ac.id/login.
3. Registrasi mahasiswa baru (pembayaran UKT) dilaksanakan pada tanggal 2 - 9 Juli 2021 dengan cara:
- Masuk menu Riwayat Keuangan.
- Tandai centang pada TAGIHAN PENDAFTAR dan klik GENERATE untuk mendapatkan kode bayar atau virtual akun dan selanjutnya kode ini digunakan untuk proses pembayaran melalui Bank BTN atau transfer dari Bank lain yang ditujukan pada Bank BTN.
- Biaya kuliah dibayar secara tunai (tidak diangsur). Jika menggunakan ATM, disarankan menggunakan mesin ATM sesuai dengan rekening Bank Nasabah. Pembayaran dilakukan sebelum jam 22.59 (tata cara pembayaran klik di sini)
4. CAMABA yang terlambat mengisi borang UKT dan registrasi pada waktu yang telah ditetapkan, maka akan dinyatakan mengundurkan diri.
Penulis: Ega Krisnawati
Editor: Yandri Daniel Damaledo