Menuju konten utama

Daftar Ulang Seleksi Mandiri ULM 10-15 Agustus 2022: Syarat & Cara

Calon mahasiswa baru yang telah dinyatakan lulus wajib melakukan pendaftaran ulang sesuai jadwal yang telah ditentukan melalui laman sirema.ulm.ac.id.

Daftar Ulang Seleksi Mandiri ULM 10-15 Agustus 2022: Syarat & Cara
Ilustrasi mahasiswa. foto/UPNVJ

tirto.id - Pengumuman hasil seleksi mandiri calon mahasiswa baru di Universitas Lambung Mangkurat (ULM) tahun ajaran 2022 telah disampaikan pada tanggal 29 Juli 2022 melalui laman admisi.ulm.ac.id.

Penerimaan calon mahasiswa baru Universitas Lambung Mangkurat melalui seleksi mandiri dilaksanakan dengan dua jalur, yaitu jalur Reguler Ujian Tulis Mandiri Berbasis Komputer (UTMBK) dan Prestasi Tahfidz Al-Qur’an 30 juz.

Bagi calon mahasiswa baru yang ingin mengetahui hasil kelulusan dari seleksi mandiri tersebut dapat mengunjungi website admisi.ulm.ac.id kemudian memasukkan nomor ujian. Selanjutnya calon mahasiswa baru diminta untuk men-download berkas yang berisi Pernyataan Kesanggupan UKT.

Setelah mengetahui hasil seleksi mandiri, calon mahasiswa baru yang telah dinyatakan lulus harus melakukan pendaftaran ulang sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh pihak Universitas Lambung Mangkurat, yaitu pada tanggal 10 sampai 15 Agustus 2022 melalui laman sirema.ulm.ac.id.

Dalam proses pendaftaran ulang tersebut apabila ada calon mahasiswa baru yang tidak melakukan pendaftaran ulang sampai dengan batas waktu yang telah dijadwalkan, haknya untuk menjadi calon mahasiswa baru di Universitas Lambung Mangkurat akan dinyatakan batal.

Dilansir dari situs resmi penerimaan calon mahasiswa baru Universitas Lambung Mangkurat, berikut ini rincian mengenai persyaratan dan cara untuk melakukan pendaftaran ulang.

Syarat Daftar Ulang Seleksi Mandiri ULM

Membayar biaya UKT pada saat Jadwal Daftar Ulang

  • Wajib mengunduh file Lembar Pernyataan Kesanggupan UKT di Laman Pengumuman Seleksi Mandiri ULM (admisi.ulm.ac.id)
  • Nominal Pembayaran UKT (Uang Kuliah Tunggal) sesuai dengan Lembar Pernyataan Kesanggupan UKT
  • Hasil Print-Out Lembar Pernyataan Kesanggupan UKT yang sudah ditandatangani Orang Tua / Wali dengan materai Rp10.000 di-scan dan Wajib diserahkan ke fakultas masing-masing (jadwal akan ditentukan kemudian)

Mendaftar Tes Kesehatan / NAPZA di laman Immc.ulm.ac.id dan Membayar Biaya Pendaftaran Tes Kesehatan / NAPZA di Bank BNI, BTN, dan Mandiri tanggal 2 sampai 6 Agustus 2022.

Besaran Biaya Tes Kesehatan / NAPZA:

  • Semua Program Studi di Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kedokteran Gigi sebesar Rp300.000 (Tiga Ratus Ribu Rupiah)
  • Program Studi Eksak Non Fakultas Kedokteran Rp200.000
  • Semua Program Studi Non Eksak Rp150.000
  • Melaksanakan Tes Kesehatan / NAPZA di Lambung Mangkurat Medical Center (LMMC) ULM Banjarmasin tanggal 4 sampai 8 Agustus 2022

Pelaporan Bukti Tes Kesehatan / NAPZA

  • Kartu Peserta dan Bukti Pembayaran Tes Kesehatan / NAPZA di scan dan wajib diunggah ke SIREMA (Sistem Informasi Registrasi Mahasiswa) di laman sirema.ulm.ac.id pada saat jadwal daftar ulang.

Cara Daftar Ulang Seleksi Mandiri ULM

Membayar biaya UKT di Bank BNI, BTN, atau Mandiri yang terdekat dengan domisili Calon Mahasiswa Baru yang bersangkutan serta sudah melaksanakan Tes Kesehatan / Napza.

Mendapatkan Nomor Induk Mahasiswa (NIM) dengan cara mengisi biodata di laman sirema.ulm.ac.id (login menggunakan Nomor Ujian Seleksi Mandiri) dan mengunggah berkas digital sebagai berikut:

Hasil pindai atau scanning dalam bentuk file JPG/JPEG

  • Kartu Peserta Ujian Seleksi Mandiri Tahun 2022 (Max. 500KB)
  • Kartu Peserta Tes Kesehatan / NAPZA (Max. 500KB)
  • Bukti Pembayaran Tes Kesehatan / NAPZA (Max. 500KB)
  • Bukti Pembayaran UKT (Max. 500KB)
  • Lembar Pernyataan Kesanggupan UKT (Max. 500KB)
  • Pas Foto berwarna dan terbaru, ukuran 3 x 4 cm (Max. 500KB): contoh Pas Foto dapat dilihat pada laman bit.ly/syarat_foto
  • Ijazah / Surat Keterangan Lulus / Surat Keterangan Siswa Kelas 12 Asli (Max. 500KB); Surat Keterangan Siswa Kelas 12 disertai dengan: Pas foto terbaru (berwarna); Stempel / Cap Sekolah; Tanda Tangan Kepala Sekolah
  • Surat Keterangan Berkelakuan Baik dari Kepala Sekolah atau Surat Keterangan Catatan Kepolisian (Max. 500KB)
  • KTP atau Kartu Keluarga (Max. 500KB)

Baca juga artikel terkait SELEKSI MANDIRI 2022 atau tulisan lainnya dari Ririn Margiyanti

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Ririn Margiyanti
Penulis: Ririn Margiyanti
Editor: Ibnu Azis