Daftar Soundtrack Film KKN di Desa Penari 2022

Kontributor: Ega Krisnawati, tirto.id - 11 Mei 2022 07:29 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Soundtrack film KKN di Desa Penari yang dinyanyikan oleh Danilla Riayadi dan Kinanti. Lagunya berjudul "Batas" dan "DHAT".
tirto.id - Setelah beberapa kali mengalami penundaan, akhirnya film KKN di Desa Penari resmi tayang di bioskop Indonesia pada 30 April 2022. Untuk melengkapi suasana mistis di dalam film, MD Musik Indonesia menggaet Danilla Riayadi dan Kinanti agar menyanyikan Original Soundract (OST) di film KKN di Desa Penari.

Film KKN di Desa Penari bercerita tentang enam mahasiswa yang sedang menjalani tugas Kuliah Kerja Nyata (KKN) di sebuah desa terpencil. Dikutip IMDb, mereka adalah Ayu, Bima, Nur, Widya, Anton, dan Wahyu.

Pelaksanaan KKN dilakukan pada tahun 2019. Para pemuda dan pemudi itu semula fokus untuk menyelesaikan program kerja KKN, tapi salah satu di antara mereka melanggar peraturan di desa setempat.

Ujung dari pelanggaran peraturan itu ialah teror mistis yang menghampiri mereka. Berbagai peristiwa aneh bermunculan, salah satunya berupa kehadiran sosok penari misterius nan menakutkan.

Nur dan Widya adalah mahasiswa yang diganggu penari gaib tersebut. Agar suasana KKN di Desa Penari semakin nyata, berikut daftar OST film KKN di Desa Penari.

Lagu 'Batas' oleh Danilla Riyadi

Pada tahun 2020, Danilla Riyadi meluncurkan video musik berjudul “Batas”. Video tersebut menampilkan visual dengan suasana mistis, gelap dan misterius.

Semakin sempurna, video musik "Batas" dibubuhi dengan akting Danilla bersama ular dan membuat suasana kian mencekam.

“Ini unik banget, sesuatu yang batu buat gue karena baru pertama syuting harus dengan ular dan berpakaian kayak gini. Menggunakan kemban,” ujar Danilla dalam siaran persnya, Selasa (23/6/2020), dikutip dari Antara.

Ada banyak hal istimewa dalam video musik itu, terutama pada tampilan visual Danilla yang berbeda dengan biasanya karena ia menjelma seakan-akan seperti karakter “Badaruwi” di dalam film.

Suara instrumen yang menggambarkan sedikit elemen gamelan sengaja ditampilkan oleh Produser Lafa Pratomo agar menggambarkan nuansa elemen klenik yang cukup kental di dalam film KKN ini.

“Setelah nonton teaser KKN ini aku langsung nangkep elemen apa yang mau aku ambil dari film ini: Hutan, Ular Sanca, Pondok Kayu dan Gamelan Tarian Jawa dan aku coba terjemahkan lewat musik yang aku buat ini,” dilansir dari Youtube MD Music.

Film KKN di Desa Penari dipadupadankan dengan karakter suara Alto Danilla yang agak berat, teduh, berbisik halus sehingga memberikan harmoni yang sangat sesuai dengan kesan wanita misterius dan memiliki aura mistis.

Lagu “Batas” sendiri berbicara mengenai sarkasme dan peringatan terhadap anak-anak muda yang melanggar aturan, seperti dalam konflik yang digambarkan pada para tokoh di film KKN di Desa Penari.

Lagu 'DHAT' oleh Kinanti

OST selanjutnya dari film KKN di Desa Penari adalah lagu berjudul 'DHAT' yang dinyanyikan oleh Kinanti, artis muda berbakat asal Malang. Lagu tersebut rilis pada 22 April 2022.

Lagu 'DHAT' berisi lantunan sinden yang siap mengiringi keberangkatan peserta “KKN Di Desa Penari”. Lagu ini juga berisi sindiran keras bagi manusia yang merasa dirinya sempurna.

Kemudian, ketika terkena musibah yang disalahkan adalah makhlus halus bukan diri mereka sendiri. Melalui OST ini, akan ada kejutan di film KKN di Desa Penari karena Kinanti mampu menampilkan keunikan tersendiri mulai dari upacara adat di Gunung Kawi hingga meminum air putih saat pusing mendengarkan sinden.

Bahkan, beberapa aktor dan aktris yang mendengarkan lagu 'DHAT' dari Kinanti pun mengaku merinding dan takut tidak bisa tidur jika lagu tersebut terus dilantunkan.

Hal paling menarik dari lagu 'DHAT', ialah dalam proses produksinya terdapat upacara adat yang dikenal dengan "Among-among". Among-among adalah upacara adat yang diwujudkan sebagai doa bagi sesuatu yang masih hidup.

Proses upacara adat itu dilakukan di gunung Kawi, Malang, Jawa Timur. Dalam proses pembuatan lagu 'DHAT', kru harus memasuki daerah gunung Kawi yang gelap dan penuh pepohonan.


Baca juga artikel terkait KKN DI DESA PENARI atau tulisan menarik lainnya Ega Krisnawati
(tirto.id - Musik)

Kontributor: Ega Krisnawati
Penulis: Ega Krisnawati
Editor: Yantina Debora

DarkLight