Daftar Skincare Lokal dengan Kandungan Retinol Serta Manfaatnya

Oleh: Endah Murniaseh - 19 Januari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Daftar Skincare lokal dengan kandungan retinol serta manfaatnya bagi kulit.
tirto.id - Retinol merupakan salah satu zat aktif yang sering ditemukan pada komposisi produk perawatan kulit (skincare).

Retinol turunan sintesis dari Vitamin A, yang merupakan kelompok vitamin larut lemak dan biasa ditemukan pada beberapa bahan makanan seperti wortel, telur ataupun ubi jalar.

Mengutip dari Today, retinol memiliki manfaat yang baik antara lain:

    • Mencegah kerutan pada kulit, serta menghilangkan garis halus yang ada pada kulit
    • Mengangkat sel kulit mati, sehingga membuat kulit nampak lebih cerah dan halus
    • Merawat kulit berminyak dan meminimalisir munculnya jerawat
    • Memudarkan bintik hitam serta meratakan warna kulit.
Meskipun memiliki banyak manfaat untuk kulit, retinol juga dapat memberikan efek yang kurang baik jika digunakan secara berlebihan.

Amanda Von Dem Hagen, seorang ahli kecantikan berlisensi menyampaikan bahwa penggunaan retinol dapat digunakan dengan perlahan dan digunakan dalam rutinitas perawatan kulit satu hingga dua kali per minggu.

Nantinya pengguna dapat meningkatkan penggunaan secara bertahap tergantung reaksi pada kulit. Karena jika tidak, akan menyebabkan beberapa masalah seperti:

    • Munculnya kemerahan pada kulit
    • Kulit terkelupas
    • Kulit menjadi kering
    • Memperparah kondisi jerawat.
Von Dem Hagen juga menyarankan pengguna retinol untuk menggunakan tabir surya di siang hari, karena penggunaan retinol menyebabkan kulit menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari.

Menambahkan retinol dalam daftar skin care direkomendasikan pada saat usia 30 tahun. Saat usia ini, retinol dapat digunakan 3-4 kali dalam seminggu.

Memasuki usia 40 tahun, retinol dapat digunakan setiap hari di malam hari. Serta pada usia 50 tahun ke atas, gunakan retinol sebanyak 5 hingga 7 kali dalam seminggu.

Skincare dengan kandungan retinol saat ini juga bervariatif, mulai dari produk luar negeri dan dalam negeri dapat dengan mudah dijumpai. Berikut adalah daftar produk skincare lokal dengan kandungan retinol yang patut dicoba:

Merupakan produk retinol yang telah mengalami proses Enkapsulasi Gentinol-200, sehingga aman digunakan pada kulit sensitif.

Selain itu, produk ini telah diformulasikan dengan pH yang setara dengan pH kulit, sehingga tidak membuat kulit teriritasi.

Dengan kandungan Ceramide3 & Hyaluronic Acid, Retinol ini dapat melindungi dari radikal bebas, anti-polusi dan menjaga kadar air yang ada pada lapisan kulit. Produk berukuran 20 mililiter ini dijual dengan harga Rp155 ribu.

FSS Retinol Serum merupakan produk retinol yang aman untuk semua jenis kulit. Dengan kandungan aktif retinol sebesar 0,1%, dapat mendorong pergantian sel, melawan penuaan dini dan lainnya.

Tidak hanya itu, serum ini diperkaya dengan Asam hialuronat, Minyak jojoba serta Vitamin E. Untuk hasil optimal, dapat dikombinasikan dengan penggunaan Hyaluronic Acid. Dengan ukuran 30 mililiter, serum ini dijual dengan harga Rp270 ribu.

Memiliki kandungan retinol 1%, serum ini dapat memberikan manfaat seperti regenerasi kulit, mengurangi kerutan hingga mengurangi sumbatan komedo.

Tidak hanya retinol, serum ini mengandung seramid yang dapat membuat kulit menjadi halus dan lembab.

Votre Peau Skin Care Retinol + Ceramide 10 mililiter dijual dengan harga Rp135 ribu dan ukuran 30 mililiter dengan harga Rp335 ribu.

Terdiri dari toner dan ampul yang memiliki fokus untuk mencegah penuaan dini. Toner ini mengandung Niacinamide, Retinol, Peptide dan ekstrak buah delima.

Juga mengandung Retinol, Peptide, Vitamin E, dengan ekstrak teh hijau dan Raspberry. Untuk mendapatkan keduanya, harga yang dipatok adalah Rp448 ribu.


Baca juga artikel terkait RETINOL atau tulisan menarik lainnya Endah Murniaseh
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Endah Murniaseh
Penulis: Endah Murniaseh
Editor: Dhita Koesno
DarkLight