Daftar Peralatan yang Wajib Dibawa Saat Mudik Naik Mobil Pribadi

Penulis: Nur Hidayah Perwitasari - 22 Apr 2022 10:58 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Peralatan atau perlengkapan yang sebaiknya Anda bawa saat mudik Lebaran 2022 menggunakan mobil, seperti kotak P3K hingga ban cadangan.
tirto.id - Lebaran 2022 terasa lebih spesial karena pemerintah memperbolehkan masyarakat untuk melakukan mudik dengan syarat tertentu seperti sudah mendapatkan vaksin dosis ketiga atau vaksin booster.

Bagi Anda yang akan mudik atau pulang ke kampung halaman menggunakan kendaraan pribadi saat Lebaran, terdapat beberapa jenis perlengkapan yang wajib dibawa dalam perjalanan.

Berikut beberapa peralatan atau perlengkapan yang sebaiknya Anda bawa saat akan mudik Lebaran 2022 menggunakan kendaraan pribadi,

1. Siapkan catatan atau informasi service atau tentang perbaikan mobil Anda

Dilansir dari laman Auto Simple sebelum mudik, sebaiknya simpan informasi tentang perbaikan mobil dan kondisi mobil Anda.

Catatan service dan perbaikan mobil membantu Anda ketika terjadi masalah kerusakan kendaraan serta akan memperbaiki kendaraan selama perjalanan mudik. Memberikan informasi tentang riwayat kendaraan akan membantu mekanik untuk melihat riwayat masalah pada kendaraan Anda.

2. Jerigen atau kaleng untuk bahan bakar kosong
Jika Anda kehabisan bahan bakar di jalan, Anda bisa berjalan kaki ke pom bensin terdekat dengan mengisi jerigen kosong Anda.

3. Ban serep

Dilansir dari laman RAC Motoring Services UK beberapa mobil sekarang dijual tanpa roda cadangan, sehingga pastikan Anda membawa ban cadangan dalam kondisi baik dan Anda tahu cara menggantinya.

4. Dongkrak ban

Tanpa dongkrak ban, ban serep sangat tidak berguna. Sehingga siapkan satu dongkrak ban untuk berjaga-jaga jika Anda perlu mengganti ban saat dalam pejalanan mudik Lebaran 2022.

5. Toolkit

Toolkit merupakan kotak berisi berbagai perkakas untuk keadaan darurat. Beberapa perkakas yang biasanya ada di toolkit mencakup pisau lipat, gunting, tang, kunci L, obeng, kunci inggris, kabel, selotip, lakban, cable ties, hingga senter.

Dilansir dari laman Antara, pastikan bahwa isi toolkit Anda termasuk lengkap agar jika ada keadaan darurat maka dapat digunakan. Apalagi kita tahu bahwa perjalanan yang jauh dapat menimbulkan hal-hal tak terduga. Itulah mengapa memastikan bahwa toolkit dibawa oleh Anda sangat penting.

6. Alat navigasi

Perjalanan menuju ke kota tujuan memang terhitung jauh. Selain itu, belum tentu Anda hafal seluruh rute perjalanan yang akan ditempuh. Itulah mengapa dibutuhkan bantuan petunjuk jalan dari alat navigasi.

Beruntung, sekarang sudah lebih mudah untuk menggunakan alat navigasi melalui aplikasi peta di smartphone Anda. Memanfaatkan alat navigasi membuat perjalanan Anda menjadi lebih lancar tanpa harus tersesat di tengah jalan. Khususnya bagi Anda yang memang memutuskan untuk melakukan perjalanan pada saat malam hari.

7. Kotak P3K

Menjaga kondisi kesehatan sebelum perjalanan memang sangat penting. Sayangnya ada saja kondisi di mana kesehatan Anda atau salah satu keluarga menurun di tengah jalan. Kalau sudah begini, maka obat-obatan yang ada di kotak P3K dapat membantu menyembuhkan kondisinya.

Isi kotak P3K bisa mencakup obat demam, pusing, batuk, diare, hingga plester dan koyo. Jangan lupa untuk mengisi obat-obatan di kotak P3K agar dapat digunakan pada keadaan darurat.

8. Kunci setir

Saat memutuskan untuk berhenti di tengah perjalanan, maka Anda sebaiknya mengunci setir terlebih dahulu sebelum pergi. Hal ini penting untuk dilakukan agar tetap menjaga keamanan mobil karena kita tidak tahu bagaimana kondisi keadaan sekitar.

9. Kunci mobil cadangan

Tak ada salahnya untuk selalu membawa kunci mobil cadangan dan menaruhnya di dalam tas. Sebab, saat tubuh lelah, konsentrasi sering kali menurun dan tak menutup kemungkinan Anda akan meninggalkan mobil dengan kondisi kunci tertinggal di dalamnya.


Baca juga artikel terkait LIFESTYLE atau tulisan menarik lainnya Nur Hidayah Perwitasari
(tirto.id - Gaya Hidup)

Penulis: Nur Hidayah Perwitasari
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight