Daftar Pemain Timnas Futsal Indonesia di Piala Asia 2022 & Posisi

Kontributor: Beni Jo, tirto.id - 23 Sep 2022 19:20 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Daftar pemain Timnas Futsal Indonesia di Piala Asia AFC Futsal Championship 2022 dan posisi. Muhammad AlBagir dan Ardiansyah Runtuboy tidak dibawa ke skuad.
tirto.id - Daftar pemain Timnas Futsal Indonesia di Piala Asia AFC Futsal Championship 2022 diisi oleh 14 penggawa yang terdiri dari 2 kiper, 3 anchor, 7 flank, dan 2 pivot. Sejumlah bintang seperti Muhammad Albagir, Ardiansyah Runtuboy, Evan Soumilena, dan Sunny Rizki absen.

Dalam jadwal Piala Asia Futsal 2022, skuad Garuda Nusantara tergabung di Grup C. Timnas Indonesia bakal meladeni Iran, Lebanon, serta China Taipei mulai Rabu, 28 September 2022, di Saad Al Abdullah Hall, Kuwait City.

Pelatih Timnas Futsal Indonesia, Mohammad Hashemzadeh telah memutuskan 14 pemain yang berangkat ke Kuwait. Posisi kiper akhirnya menjadi milik Muhammad Nazil Purnama dan Muhamad Nizar Nayarudin. Piala Asia Futsal 2022 jadi tantangan bagi kedua penjaga gawang karena kiper utama Muhammad Albagir absen.

Sebagai 3 anchor, Hashemzadeh membawa Muhammad Rizky Xavier, Rio Pangestu Putra, serta Ardiansyah Nur.

Sementara untuk flank ada nama Muhammad Iqbal Rahmatullah, Dewa Rizki Amanda, Wendy Brian Lindrey, dan Syauqi Saud. Kemudian ada Firman Adriansyah, Reza Gunawan, dan Ryan Dwi Reynaldi.

2 pivot Timnas Futsal Indonesia dihuni Muhamad Fajriyan serta Samuel Eko Putra.

Melirik daftar nama-nama tersebut, sejumlah pemain bintang atau yang biasa dipanggil Timnas dipastikan bakal absen di Piala Asia Futsal 2022 karena alasan cedera.

Selain kiper andalan Muhammad Albagir, penggawa lain yang tidak bisa ikut serta ialah Marvin Alexa, Ardiansyah Runtuboy, Evan Soumilena, hingga Sunny Rizki.

Khusus bagi Evan Soumilena, ia disebutkan juga sedang menjalani larangan tampil dalam 3 kali pertandingan akibat kasus di Piala AFF Futsal 2022 lalu. Soumilena tidak bisa turun ke atas lapangan dalam seluruh partai di Grup C.

Berbicara mengenai target di Piala Asia, Federasi Futsal Indonesia (FFI) melalui manajer Timnas Futsal Indonesia, Dimas Bagus menyebutkan pihaknya berharap Rio Pangestu dan kawan-kawan bisa menunjukkan performa terbaik.

Meskipun tanpa diperkuat sejumlah pilar utama, Timnas berambisi bisa menumbangkan kekuatan Iran dalam pentas Asia mendatang.

"Untuk target di Kuwait, Tentu saja berharap untuk mencapai hasil terbaik. Paling tidak di fase grup nanti juga bisa mengalahkan Iran," tegas Dimas Bagus, dikutip laman resmi FFI.

Timnas Indonesia akan tampil perdana di Piala Asia Futsal 2022 pada Rabu, 28 September 2022. Mereka sudah ditunggu Iran di Saad Al Abdullah Hall, Kuwait City.

Selang 3 hari kemudian, skuad Garuda Nusantara dijadwalkan menghadapi Lebanon di tempat yang sama. Pada partai pemungkas Grup C, Minggu, 2 Oktober 2022, Mohammad Hashemzadeh dan anak asuhnya bersua China Taipei.

Indonesia wajib finis peringkat pertama atau menghuni runner-up untuk bisa tembus fase berikutnya. Andai melangkah ke babak perempat final, Syauqi Saud dan kolega bakal bertemu wakil Grup D yang dihuni Jepang, Vietnam, Korea Selatan, dan Arab Saudi.


Daftar Pemain Timnas Futsal Indonesia & Posisi


Berikut adalah daftar pemain Timnas Futsal Indonesia di Piala Asia 2022 beserta posisi mereka.

Kiper:
Muhammad Nazil Purnama
Muhamad Nizar Nayarudin

Anchor:
Muhammad Rizky Xavier
Rio Pangestu Putra
Ardiansyah Nur

Flank:
Muhammad Iqbal Rahmatullah
Dewa Rizki Amanda
Wendy Brian Lindrey
Syauqi Saud
Firman Adriansyah
Reza Gunawan
Ryan Dwi Reynaldi

Pivot:
Muhamad Fajriyan
Samuel Eko Putra




Jadwal Timnas Futsal Indonesia di AFC Futsal Championship 2022


Berikut ini jadwal Timnas Futsal Indonesia di Piala Asia Futsal 2022.

Rabu, 28 September 2022
Pukul 21.00 WIB, Iran vs Indonesia

Jumat, 30 September 2022
Pukul 21.00 WIB, Indonesia vs Lebanon

Minggu, 2 Oktober 2022
Pukul 21.00 WIB, Taiwan vs Indonesia


Live Streaming Timnas Indonesia Piala Asia Futsal 2022


Jika tidak ada perubahan jadwal, rangkaian pertandingan futsal Timnas Indonesia di Piala Asia 2022 dapat ditonton via siaran langsung MNCTV. Laga demi laga AFC Futsal Championship 2022 juga dapat disimak via live streaming RCTI+.

Siaran kanal MNCTV via live streaming RCTI+ dapat diakses secara gratis. Penggemar futsal tanah air cukup membuka laman resmi maupun aplikasi terkait.

Berikut ini tautan yang bisa diakses untuk menonton laga via RCTI+.

Live streaming Timnas Indonesia di Piala Asia Futsal 2022 - RCTI+ (MNCTV)

Baca juga artikel terkait SEPAKBOLA atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Fitra Firdaus

DarkLight